Peningkatan Kemampuan Memahami Materi Keberagaman Flora Dan Fauna Indonesia Melalui Metode Pair Check Pada Kelas V SDN Inpres Lalengan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Si Amir Tigono, S.Pd, SD. SDN Inpres Lalengan Kec. Buko Kab. Banggai Kepulauan
Keywords: Pair Check, Memahami Materi, Keberagaman Flora dan Fauna Indonesia.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dikelas V SDN Inpres Lalengan menunjukkan bahwa kemampuan Memahami Materi Keberagaman Flora Dan Fauna Indonesia dalam kategori rendah. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, peneliti mengambil tindakan melalui metode Pair Check yang dilakukan dalam dua siklus.Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan kemampuan memahami materi dengan metode Pairs Check pada pembahasan Keberagaman Flora Dan Fauna Indonesia kelasV SDN Inpres Lalengan, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman materi Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia pada siswa kelas V SDN Inpres Lalengan dengan menggunakan metode Pair Check. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Inpres Lalengan dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian non tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Metode Pairs Check pada materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia kelas V SDN Inpres Lalengan dapat diterapkan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan skor pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, yaitu 82 pada siklus I dan 100 dalam siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu 81,25 pada siklus I , dan 100 pada siklus II. 2) Kemampuan memahami keberagaman flora dan fauna di Indonesia kelas V SDN Inpres Lalengan setelah menggunakan metode Pair Check pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan Persentase kemampuan pemahaman siswa dalam kategori tinggi yaitu dari prasiklus 28% dengan nilai rata-rata 59,65, siklus I hanya50% dengan nilai rata-rata 74,07, kemudian meningkat pada siklus II mencapai persentase 93% dengan nilai rata-rata 89,78, sehingga terjadi peningkatan persentase kemampuan memahami dalam kategori tinggi dari pra siklus ke siklus II sebesar 65%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Desstya, A. 2014.Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 193-200.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2016. Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02). Dari http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47.

Ibda, F. 2015. Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita 3.Dari https://www.jurnal.arraniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.

Jhonson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik; Cara Membangkitkan Minat Peserta didik melalui Pemikiran. Jakarta: PT. Indeks.

Matlin, M.W. 2005. Cognition, (6th ed.). USA: John Wiley & Sons.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Suharsimi A, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2010.Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana.

Trianto. 2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Published
2021-05-18
How to Cite
Tigono, S.Pd, SD., S. (2021). Peningkatan Kemampuan Memahami Materi Keberagaman Flora Dan Fauna Indonesia Melalui Metode Pair Check Pada Kelas V SDN Inpres Lalengan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(2), 16-24. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/863

Article metrics

Abstract views : 66