Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa SMPN 3 Madiun

  • Esti Nurhayati Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun
Keywords: menulis cerpen, discovery learning, media lagu

Abstract

Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan menuli harus dimiliki oleh siswa, namun dalam praktinya siswa masih mengalami banyak kendala dalam melaksanakannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode discovery learning dan media lagu pada siswa kelas IX SMPN 3 Madiun. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IX dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPN 3 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desktiptif kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 3. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam implemestasi pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode discovery learning dan media lagu pada siswa kelas IX SMPN 3 Madiun terdiri atas tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan guru menyususn perangkat pembelajaran berdasarkarkan KD pada kurikulum. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan guru menuntun siswa untuk menggali informasi terkait pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen,  unsur-unsur/kerangka cerpen, dan langkah menulis cerpen sesuai petunjuk rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Discovery learning, siswa lalu diminta menyusun cerpen menggunakan media lagu dengan langkah-langlah 1) siswa mentukan topik cerita, siswa memilih sebuah lagu yang mewakili peristiwa atau pengalamannya dan sesuai dengan topik yang dipilihnya, 3) siswa membedah isi dari lagu yang dipilihnya, 4) siswa menentukan konflik cerita, 5) siswa menyusun kerangka cerita berdasarkan cerita di dalam lagu yang dipilihnya, dan 6) siswa mengembangkan kerangka cerita yang telah dibuat menjadi narasi cerpen.

References

Barus, Irawati. (2018). Peningkatan Keterampi-lan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of Education Action Researc. Volume 2, Nomor 2.

Handayani, Wiwit. Dkk. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IX1 SMPN 5 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/ article/viewFile/1314/1140.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuryatin & Retno. (2016). Pelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sani, Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning dalam Meningkat-kan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit. Volume 6, Nomor 1. https://ejournal.unsri.ac.id/ index.php/ jp/article/ view/7865/3891.

Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sumardjo, Jakob. (2001). Seni Pertunjukan Indonesia. Bandung: STSI Pres

Widyamartaya, A. (2005). Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi, Lukisan dan Cerita. Yogyakarta: Pusataka Widyatama.

Published
2022-06-04
How to Cite
Nurhayati, E., & Soleh, D. (2022). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336

Article metrics

Abstract views : 203