Peningkatan Penguasaan Konsep Membuat Perencanaan Produksi Massal Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS) Siswa Kelas XII BKP A SMK Negeri 1 Jenangan

  • Nanik Nuryantini, S.Pd. SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo
Keywords: penguasaan konsep, produksi massal, Olah Pikir Sejoli (OPS)

Abstract

Permasalahan yang muncul di Kelas XII BKP A SMK Negeri 1 Jenangan adalah siswa kurang menguasai konsep Membuat perencanaan produksi massal. Sehubungan materi ajar Kelas XII sebagai materi pada kelas yang paling tinggi, maka permasalahan di atas harus segera ditangani. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan penerapan model Olah Pikir Sejoli (OPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan tiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2 x 45 menit), dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan jurnal. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Meningkatkan penguasaan konsep Membuat perencanaan produksi massal melalui pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS), 2) Mengetahui kemampuan guru dalam upaya merenovasi pelaksanaan pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan melalui pengembangan model pembelajaran, 3) Memperluas wawsan guru terhadap perlunya pengembangan model pembelajaran, 4) Mengetahui peningkatan penguasaan konsep Membuat perencanaan produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep Membuat perencanaan produksi massal dapat ditingkatkan dengan pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS). Hal ini dapat dibuktikan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing adalah, pada siklus I 69,41, siklus II 77,65, dan siklus III 82,35. Peningkatan ini juga diikuti dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas belajar adalah 47,06%, siklus II 73,53% dan siklus III 94,11%.

References

Abdurrahman, M., & Bintoro, T. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar : Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Miles, M.B., & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia Jakarta.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi, & Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Noehi, Nasution. 1999. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS-Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9, 10.

Published
2021-10-23
How to Cite
Nuryantini, S.Pd., N. (2021). Peningkatan Penguasaan Konsep Membuat Perencanaan Produksi Massal Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS) Siswa Kelas XII BKP A SMK Negeri 1 Jenangan. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(3), 17-23. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1090

Article metrics

Abstract views : 12