Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan KKG Di SDN Sumbersuko 1 Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Syarifah Nuril Fadlilah,S. Pd. SDN Sumbersuko 1 Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso
Keywords: meningkatkan kompetensi, menyusun soal evaluasi, KKG

Abstract

Penulisan bentuk butir soal merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam menyiapkan bahan ulangan harian, ujian semester, ujian sekolah dan lainnya terutama dalam pembuatan soal-soal di RPP. Di sisi lain guru sebagian besar belum biasa menyusun tes, sehingga sering mencari dari beberapa kumpulan soal yang sudah ada (bank soal). Hasil penelitian pada siklus I tingkat kemampuan diketahui bahwa dari 11 guru mapel terdapat kesalahan pada aspek EYD sebanyak 6, pada aspek kaidah penulisan soal 4; dan pada kesesuaian materi terdapat 2 kesalahan. Total kesalahan sebanyak 12, sedangkan yang sesuai atau yang sudah benar pada aspek EYD sebanyak 5 atau (46%), pada aspek kaidah penulisan soal 7 atau (62%); dan pada kesesuaian materi terdapat 9 atau (77%). Total yang sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan sebanyak 21 atau (62%). Pada Siklus II diketahui terdapat kesalahan pada aspek EYD sebanyak 2, pada aspek kaidah penulisan soal 0; dan pada kesesuaian materi terdapat 0 kesalahan. Total kesalahan sebanyak 2, sedangkan yang sesuai atau yang sudah benar pada aspek EYD sebanyak 9 atau (77%), pada aspek kaidah penulisan soal 11 atau (100%); dan pada kesesuaian materi terdapat 11 atau (100%). Total yang sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan sebanyak 31 atau (92%). Penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan adanya perubahan sekolah yang sangat baik, diantaranya meningkatnyakompetensi guru ke arah yang lebih baik dalam penyusunan butir soal.

References

Adi, D K. 2001. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Fajar Mulya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchari, Zainun. 2014. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2008. Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Elliot et al. 2000. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning, 3rd edition. USA: Mc Graw Hill Companies.

Etty, Arifin, K. 2003. Materi Pokok Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama.

Joni, Raka. 1998. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui Strategi Pembelajaran Aktif (Cara Belajar Siswa Aktif) dan Pembinaan Profesional Guru, Kepala Sekolah serta Pembina Lainnya. Jakarta: Rinehart and Wiston.

Mcniff, Jean. 2002. Action Research:Principles and Practice. New York: Routledge Falmer.

Trimo. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Published
2021-05-14
How to Cite
Fadlilah,S. Pd., S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan KKG Di SDN Sumbersuko 1 Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(2), 89-96. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/898

Article metrics

Abstract views : 20