Penggunaan Metode Pembelajaran Role Play Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Ngreco V Kec. Tegalombo Kab. Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Sriyanto Sriyanto, S.Pd. SD Negeri Ngreco V Kec. Tegalombo Kab. Pacitan

Abstract

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah peningkatan kemampuan memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi siswa Kelas IV SDN Ngreco V Kec. Tegalombo Kab. Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan mengoptimalkan metode pembelajaran bermain peran (role Play). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul. Dengan hasil evaluasi Siklus I mendapatkan nilai rata-rata 69.38 persentase 50% dan meningkat pada siklus II 81.25 persentase 100% dapat disimpulkan bahwa : ada peningkatan kemampuan memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi melalui optimaslisai metode pembelajaran bermain peran (role play) siswa kelas IV SDN Ngreco V  Kec. Tegalombo Kab. Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Buku Workshop di Batu Malang. 2005. Pedoman Pelaksanaan penelitian Tindakan kelas. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur.

Depdikbud. 1999. Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan (Action Research).Jakarta: Dirjen Dikdasmen dan Dikmenum.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaraan Kooperatif, Surabaya: University pres.

Surahmad, Winarno, 1995. Model Pembelajaran. Bandung : Angkasa

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Usman,MU. 1996. Menjadi Guru Profesionalisme. Bandung: Remaja Rosda Karya

Zaini, Hisyam, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Yogyakarta : CTSD.

Published
2020-01-02
How to Cite
S.Pd., S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Play Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Ngreco V Kec. Tegalombo Kab. Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 3(1), 10-18. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/413

Article metrics

Abstract views : 26