Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Game Education "Marbel Huruf" Pada Siswa Autis Kelas 1 Di SDLBN Manisrejo Kota Madiun

  • Suparmi , SDLBN Manisrejo Kota Madiun
Keywords: Autis, Kemampuan membaca permulaan, game education “Marbel Huruf”

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media game education “marbel huruf” pada anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian yaitu anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo Madiun  yang terdiri dari dua anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus.Siklus pertama subjek diberikan pre-test.Setiap siklus diakhiri dengan post-test.Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game education “Marbel Huruf” dapat meningkatkan kemampuan membaca untuk anak autis kelas 1 di SDLBN Manisrejo Madiun. Hal ini ditunjukkan dengan Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan dari Skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan untuk LKY dari 38 (63,33%) pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 45 (75%) dan untuk DNI dari 40 (66,67) menjadi 48 (80%) pada tes pasca tindakan (post-test) siklus I. Jumlah peningkatan skor yang diperoleh subjek LKY adalah 7 (11,67%) dan untuk DNI mengalami peningkatan 8 (13,33%). LKY mendapatkan skor 54 (90%) dan DNI mendapatkan skor 58 (96,67%) pada tes pasca tindakan siklus II. Skor tersebut telah mencapai dan melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

References

Emzir.(2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hembing Wijayakusuma. (2004). Psikoterapi Anak Autisma. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Hurlock, Elizabeth B. (2005). Perkembangan Anak (Jilid 1, Edisi Keenam). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2012).Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Syaodih Sukmadinata.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pamuji.(2007). Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autisme. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Parwoto.(2007). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, kharakteristik, dan Keunggulannya). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sardjono.(2005). Terapi Wicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Setiati Widihastuti. (2007). Pola Pendidikan Anak Autis. Yogyakarta: CV Datamedia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi & Sunaryo.(2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yosfan Azwandi. (2005). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Published
2018-04-30
How to Cite
, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Game Education "Marbel Huruf" Pada Siswa Autis Kelas 1 Di SDLBN Manisrejo Kota Madiun. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 1(2), 53-60. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/40

Article metrics

Abstract views : 65