Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Game Puzzle Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Kelas VI-B Semester I SDN Ngadiluwih 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015

  • Kasturi, S.Pd. SD SDN Ngadiluwih 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri
Keywords: PKn, Media Metode Game puzzle

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Apakah pembelajaran Game puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan diterapkannya metode media pembelajaran Game puzzle? Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengungkap pengaruh media pembelajaran Game puzzle terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkannya media pembelajaran Game puzzle Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa metode media pembelajaran Game puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada siswa Kelas VI-B Semester I SDN Ngadiluwih 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini bisa dilihat dari sebelum penelitian mencapai nilai rata-rata 67.65, siklus I 72.06, siklus II mencapai rata-rata 85.88 maka ada peningkatan dibanding sebelum penelitian sebesar 10.88. Berdasarkan kesimpulan diatas maka disarankan agar prestasi Pendidikan Kewarganegaraan terus meningkat disarankan melalui media pembelajaran Game puzzle kepada siswa.

References

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Azwar, Saifudin, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997

Crow, Lester D. and Alice Crow, Educational Psychology, New York: American Book Company, 1958

Faisal, Sanapiah, Format-Format Penelitian Sosial: Dasar dan Aplikasi. Jakarta: C.V. Rajawali, 1992

Hajar, Ibnu, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005, cet. II

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Misaka Galiza, 2003

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Sunarso, Anis Kusumawardani, 2008. Pendidikan kewarganegaraan 6: untuk SD/MI Kelas VI -- Jakarta: pusat perbukuan, departemen pendidikan nasional,

Published
2021-01-08
How to Cite
S.Pd. SD, K. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Game Puzzle Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Kelas VI-B Semester I SDN Ngadiluwih 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 4(1), 1-7. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/804

Article metrics

Abstract views : 71