Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Perubahan Yang Terjadi Di Alam Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas V SDN Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto

  • Khoirunisak Khoirunisak Sekolah Dasar Negeri Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto
Keywords: kemampuan, perubahan di alam, SMaRT Learning

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada, hasil belajar siswa Kelas V dalam hal menguasai materi Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam dalam kategori kurang. Hal ini didukung adanya mean skor hanya mencapai 54,74. Sedangkan siswa yang telah mencapai KKM 47,37% atau 9 siswa saja dari KKM yang telah ditetapkan 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kompetensi dasar Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam melalui strategi pembelajaran SMaRT Learning pada siswa Kelas V, SDN Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan model pembelajaran SMaRT Learning dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kompetensi dasar Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,32; siklus II 75,79; dan siklus III 81,84. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,42%, siklus II 78,95%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran SmaRT Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kompetensi dasar Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam.

References

Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas : Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelegencenya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

BNSP. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Madden, Thomas, L. 2002. F. I. R. E. U. P Your Learning : Tingkatkan Rangking Anda. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nur, Muhammad. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Unesa University Press.

Tim Peneliti Program Pasca Sarjana UNY. 2004. Pedoman Pembuatan Laporan Hasil Belajar. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Published
2020-01-02
How to Cite
Khoirunisak, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Perubahan Yang Terjadi Di Alam Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas V SDN Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 3(1), 51-59. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/418

Article metrics

Abstract views : 142