Peningkatan Hasil Belajar Menerapkan Pelaksanaan Kegiatan Pembawa Acara/Mc Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Humas Keprotokolan Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas XII OTKP 4 SMK Negeri 1 Ponorogo

  • Sri Agustiani Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ponorogo
Keywords: hasil belajar, pembawa acara/MC, SMaRT Learning

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada, hasil belajar siswa Kelas XII OTKP 4 dalam hal menguasai materi Menerapkan pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC dalam kategori kurang. Hal ini didukung adanya mean skor hanya mencapai 54,41. Sedangkan siswa yang telah mencapai KKM 52,94% atau 18 siswa saja dari KKM yang telah ditetapkan 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 5 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Otomatisasi dan Tata Kelola Humas Keprotokolan kompetensi dasar Menerapkan pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC melalui strategi pembelajaran SMaRT Learning pada siswa Kelas XII OTKP 4, SMK Negeri 1 Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Peranan model pembelajaran SMaRT Learning dalam meningkatkan hasil belajar Otomatisasi dan Tata Kelola Humas Keprotokolan pada kompetensi dasar Menerapkan pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 72,35; siklus II 75,62; dan siklus III 83,59. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 70,59%, siklus II 79,41%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran SmaRT Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar Otomatisasi dan Tata Kelola Humas Keprotokolan pada kompetensi dasar Menerapkan pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC.

References

Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas : Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelegencenya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

BNSP. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Madden, Thomas, L. 2002. F. I. R. E. U. P Your Learning : Tingkatkan Rangking Anda. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nur, Muhammad. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Unesa University Press.

Tim Peneliti Program Pasca Sarjana UNY. 2004. Pedoman Pembuatan Laporan Hasil Belajar. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Published
2021-10-20
How to Cite
Agustiani, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menerapkan Pelaksanaan Kegiatan Pembawa Acara/Mc Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Humas Keprotokolan Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas XII OTKP 4 SMK Negeri 1 Ponorogo. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 4(3), 41-48. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/1013

Article metrics

Abstract views : 17