Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Elektronika Siswa Kelas IX H SMP Negeri 12 Madiun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Ma’ruf Chondro Wasisto, S.Pd. SMP Negeri 12 Madiun
Keywords: Hasil belajar, Ketrampilan Elektronika, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam dua siklus mulai dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi . Data yang diperoleh akan di analisis dengan statistic deskriptif secara rata rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Dari hasil penelitian tindakan kelas diketahui bahwa hasil belajar Ketrampilan Elektronika setelah menggunakan Metode demontrasi dengan melibatkan siswa  langsung dalam proses pembelajaran, hasil nilai yang diperoleh siswa menunjukkan ketuntasan belajar yang cukup tinggi yakni 90,62%, sedang ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Metode Demontrasi adalah sebesar 28,12 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode deomonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar ketrampilan elektronika siswa kelas IX H SMP Negeri 12 Madiun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

References

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. 12, 2002.

Arikunto Suharsini. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2002.Asrori Muhamad. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima, Cet. 2, 2008.

Hamalik Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Komalasari Kokom. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Majid Abdul. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Marsuki Akhmad. Penerapan Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Belajar (Resitasi) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Marsuki Akhmad. Penerapan Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Belajar (Resitasi) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN Merjosari III Malang. Skripsi, S1 UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang:

Masitoh dan Laksmi Dewi. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama, Cet.1, 2007.

Munawar Indra. Psikologi Belajar dan Pembelajaran. www.Infogue.com./view/2009/06/13 hasil belajar /puri http/indra munawar.blogspot.com. 2013.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Prabawati Ainul ‘Ati. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meingkatkan Keterampilan Mengenal Pecahan pada Pembelajaran Matematikan Siswa Kelas 3 MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. Skripsi, S1 UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang: 2011.

Published
2018-04-30
How to Cite
Wasisto, S.Pd., M. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Elektronika Siswa Kelas IX H SMP Negeri 12 Madiun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 1(1), 71-76. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/56

Article metrics

Abstract views : 88