Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Boyadi, S.Pd. SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo
Keywords: Hasil Belajar, Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Model STAD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran membaca, khususnya membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Kemampuan membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan berbahasa Indonesia yang membutuhkan proses berfikir yang kritis dan logis. Pada hakekatnya membaca adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekadar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Sebagai proses visual membaca merupakan proses menerjemahkan simbol tulis (huruf) ke dalam kata-kata lisan. Sebagai suatu proses berpikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi, membaca kritis, dan pemahaman kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi pembelajaran STAD siswa Kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK menjadi kewajiban untuk dilaksanakan demi perbaikan proses belajar mengajar. PTK timbul karena adanya permasalahan di dalam kelas. Permasalahan  yang kompleks di dalam kelas diidentifikasi dan dianalisis untuk diketahui tindakan yang relevan untuk diaplikasikan. Desain penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK terdiri dari dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II, sedangkan penelitian dilaksanakan di SDN 2 Keniten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian populatif karena melibatkan subyek penelitian secara keseluruhan. Hasil analisi data siklus I masuk kategori baik, dilanjutkan siklus II yang menjadi siklus terakhir. Dari dua siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian terdapat hasil yang memuaskan dari segi kemampuan membaca pemahaman dan efektifitas strategi pembelajaran yang diaplikasikan serta keaktifan subyek penelitian yang maksimal. Siswa yang berhasil tuntas mengalami peningkatan, siklus I mencapai 77 % dan siklus II mencapai 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran STAD mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo.

References

Adili, la Ode. 2004. Metode STAD Pembelajaran Membaca Pemahaman. Artikel Republika Online, (Online), (http://www.republika.co.id). Diakses 6 April 2016.

Dawud. 2007. Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Apresiasi Cerita Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM), (Online), (http://www.ksdp-um.or.id). Diakses 6 September 2017.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Erlangga.

Dr. Rusman M.Pd. 2012. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Haris Ishaq, Abdul, S.S. 2006. Problematika Pengajaran Bahasa Indonesia. Artikel Madrasah Ibtidaiyah Malang I, (Online), (http://www.minmalangsatu.net). Diakses 2 Oktober 2017.

Purnama, Helpian. 2007. Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah, Metamorfosis Ulat Menjadi Kepompong. Artikel Bahasa Indonesia, (Online), (http://asepmuhsin.wordpress.com). Diakses 5 Oktober 2017.

Rahim, Farida, Dr., M.Ed. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ratna Wilis Dahar. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : CV Alfabeta.

Sagala, Syaiful. H. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta

Sudijono, Anas. 1994. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Insan Cendekia.

Suparlan.2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat

Suprijono, Agus. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: SIC

Published
2020-05-04
How to Cite
S.Pd., B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 3(2), 1-9. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/523

Article metrics

Abstract views : 11