Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas Ii SDN 01 Mojorejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.

  • Sri Sunarsih, S.PD.SD SD Negeri 01 Mojorejo Madiun
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Direct Instruction

Abstract

Hambatan pembelajaran tematik sering dirasakan oleh siswa sekolah dasar, sehingga banyak siswa yang kurang menyenangi pelajaran pembelajaran tematik karena dianggap sulit. Kesulitan belajar yang banyak dirasakan siswa dalam pembelajaran tematik harus segera dicarikan solusi yang tepat agar tidak menjadi beban siswa dan mampu mengangkat prestasi hasil belajar siswa Kelas II khususnya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang tercermin dalam perolehan nilai evaluasi yang tinggi. Dalam kaitannya dengan hasil belajar sebagai salah satu produktivitas atau prestasi intelektual kehadiran bahan bacaan yang mengarah terhadap pembentukan prestasi sangat dibutuhkan, baik itu dalam bentuk cerita bergambar maupun cerita dalam majalah anak-anak, latihan (pembelajaran tematik) yang terdapat di dalamnya secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat keberhasilan anak apalagi ditunjang dengan adanya buku-buku  paket  pelajaran dan buku latihan yang cukup banyak. Latihan mandiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas II SDN  01 Mojorejo Kota Madiun. Semakin tinggi frekuensi latihan mandiri yang diberikan oleh guru dan orang tua, maka semakin kuat kemampuan latihan mandiri dapat dipraktekkan oleh siswa, sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Demikian juga dengan koleksi bahan bacaan juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas II dalam pembelajaran tematik. Semakin lengkap koleksi bahan bacaan pembelajaran tematik, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini terbukti pada siklus I rata nilai yang diperoleh 74,00 meningkat pada siklus II 89,00.

References

Aruan, D.M. 1981. Pengantar Sederhana Penelitian Pendidikan. Proyek P3D. Jakarta : Depdikbud.

Best, Join.W. 1977. Research in Education. Prentice Hall of India. Conny Semiawan, dkk. 1987. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.

Guntur Waseso, Mulyadi. 1984. Motif Prestasi, Latihan Mandiri dan Pertumbuhan Ekonomi, dalam Majalah Pendidikan No. 13. Th.XI. Malang: FKIP -IKIP Malang.

Nasutian, S. 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Poerwadarminta, WJS. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN.Balai Pustaka.

Rahayu, Siti. 1983. Motivasi Prestasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Cara Mendidik Anak Pada Empat Kelompok Pekerjaan, dalam Analisis Pendidikan Nomer L Th. IV. Jakarta: Depdikbud.

Soewarno, Bambang. 1987. Metode Kuantitatif Dalam Penelitian Ilmu ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PP-LPTK.

CSuharsimi, Arikunto. 1987. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Published
2020-01-03
How to Cite
Sunarsih, S.PD.SD, S. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas Ii SDN 01 Mojorejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 3(1), 63-71. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/444

Article metrics

Abstract views : 5