Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Paud

  • Imas Masitoh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: problem solving, kemampuan berpikir, manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD

Abstract

Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan berpikir mahasiswa yang berkaitan dengan pemecahan masalah dan strategi pemecahannya. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan bagi mahasiswa calon guru, utama guru PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu, (1) model pembelajaran pemecahkan masalah (problem solving) efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Jurusan PIAUD pada mata kuliah konsep dasar manajemen pendidikan anak usia dini; (2) hambatan implementasi model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) berasal dari jurusan dan mahasiswa sendiri. Hambatan dari jurusan berupa ketentuan, aturan, dan izin yang berkaitan dengan pengembangan mahasiswa. Sedangkan dari mahasiswa sendiri hambatan berupa ketidakmandirian mahasiswa dalam mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kritis

References

Arifin, Ar-Raisul Karama dan Nur Ainy Fardana, 2014, “Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran”, (Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol. 3 No. 3).

Bogdan, R & Biklen, S, K. 1982. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan: Pengantar Ke Teori dan Metode. Terjemahan oleh Munandir. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat PAUD. 2008. Perkembangan dan Belajar Anak Didik. 2005. Pekanbaru. Cendikia Insani.

Putera, Rachmat Panca, Pargito, Dan Risma M. Sinaga, Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, (Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung).

Rasiman, 2013, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik, ( Jurnal IKIP PGRI Semarang).

Sudjana. 2000. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Ahmad dan Nandy Agustin Syakarofath, 2018, Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam, (Jurnal Buletin Psikologi, Vol. 26, No.2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: Citra Umbara.

Yin, R. K. 2002. Studi Kasus Desain dan Metode. Terjemahan oleh Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT. Raja Grafido Persada.

Published
2019-08-21
How to Cite
Masitoh, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Paud. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 2(3), 78-83. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/386

Article metrics

Abstract views : 24