Pemanfaatan Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa Kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun

  • Supadmi Supadmi SD Negeri 05 Madiun Lor Kota Madiun
Keywords: Learning Community, Kemampuan Mengarang

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:  Apakah model pembelajaran learning community dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan  pada siswa kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kec. Manguharjo Kota Madiun tahun pelajaran 2018/2019?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menulis karangan  dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Learning Community pada siswa kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kec. Manguharjo Kota Madiun tahun pelajaran 2018/2019. Meode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean: M = .  Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa : Model pembelajaran learning community dapat meningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kec. Manguharjo Kota Madiun tahun pelajaran 2018/2019.

References

Anonim. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. Pusat Kurikulum, Balibang, Depdiknas.

Arikunta, Suharsimi dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Asrom, dkk. 1997. Belajar Mengarang Dari Narasi hingga Argumentasi. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasioanal. 2003. Standar Kompetesi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

----------------------------------------- 2002. Pendekatan Kontektual ( Contextual Teaching and Learning) (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Gunawan, dkk. 1997. Belajar Mengarang. Jakarta: Erlangga.

Majid, Abdul 2006, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Marwoto, M. 1987. Komposisi Praktis. Yogyakarta : Hanindita.

Muttaqin, Raisul 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif Melvin L.Silberman. Bandung: Nusamedia dengan Nuansa, Bandung.

Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: BPFE.

Tarigan, Henry Guntur 1982. Menulis, Bandung : Angkasa.

Wiriaatmaja, Rochiati, Prof. Dr. 2006, Metode Penelitian Tindakan Kelas, P.T. Remaja Rosdakarya, Bandung

Published
2019-05-10
How to Cite
Supadmi, S. (2019). Pemanfaatan Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa Kelas VI.A SDN 05 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 2(2), 72-80. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/315

Article metrics

Abstract views : 116