Meningkatkan Prestasi Belajar Tema ”Kegemaranku” Dengan Bermain Peran Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Marematika Siswa Kelas I SDN Banjarejo Kota Madiun

  • Purwatiningsih Purwatiningsih Sekolah Dasar Negeri Banjarejo Kota Madiun
Keywords: Bermain Peran, Menyelesaikan Soal Cerita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui  kemampuan belajar siswa, khususnya menyelesaikan soal cerita untuk mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran / Role Playing. 2) Mengetahui hasil belajar  siswa kelas I SDN. Banjarejo Kecamatan Taman Kota madiun dengan Model  Bermain Peran / Role Playing Sasaran perbaikan pembelajaran ini adalah siswa kelas I C SDN. Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun, yang jumlah siswanya 28 anak. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini mengikuti alur Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan tema materi Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Data diperoleh melalui observasi selama proses KBM dan tes untuk mengukur prestasi belajar siswa, yang meliputi, post-test pada setiap akhir KBM dan pemberian tugas pada tiap akhir sub pokok bahasan, test formatif yang diberikan setelah akhir proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran , serta pengamatan aktivitas siswa dan guru oleh teman sejawat.  Berdasarkan data hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama siklus I sampai siklus II ada peningkatan , terutama untuk aktivitas siswa baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kenaikan aktivitas siswa memberikan pengaruh terhadap ketuntasan indikator pada setiap siklusnya , ketuntasan indikator ini juga mempengaruhi skor tes formatif.  Jadi kesimpulannya dengan bermain peran dalam pembelajaran matematika dapat membantu meningkatkan prestasi belajar dan memperbaiki ketrampilan belajar siswa serta dapat membantu memperbaiki cara mengajar guru selama KBM

References

Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tim Penyusun kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesi, Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. 2002. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. PGSM.

Polya, G. 1981. Mathematical Discovery : On Understanding . Learning and Teaching Problem Solving . New York : Wiley& Sons.

Van den Heuvel – Panhuizen, M. 1996. Assesment and Realistic Mathematics Education. CD. Press.

Sudikin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Insan Cendikia.

Suprijono dan Masitah. 2003. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Tim. 2003. Standar Kompetensi. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Usman,Uzer.2003. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya

Published
2019-02-18
How to Cite
Purwatiningsih, P. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Tema ”Kegemaranku” Dengan Bermain Peran Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Marematika Siswa Kelas I SDN Banjarejo Kota Madiun. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 2(1), 90-96. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/240

Article metrics

Abstract views : 97