Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Dapat Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di SDN Banjarbanggi 1 Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Suwanti Suwanti SDN Banjarbanggi 1 Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi
Keywords: perpustakaan sebagai sumber belajar, visualization auditory kinestetic (vak)

Abstract

Dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar maka implementasi Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) akan memungkinkan siswa bisa mengembangkan kreativitas, motivasi dan partisipasinya dalam pembelajaran. Dari hasil pantauan  peneliti selaku kepala sekolah, selama ini  para guru di Sekolah Dasar Negeri Banjarbanggi 1 Kecamatan  Pitu  Kabupaten Ngawi, sangat jarang dan bahkan tidak pernah memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di Sekolah Dasar Negeri Banjarbanggi 1 Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi, hal ini terbukti dari prosentase ketuntasan secara klasikal yang diperoleh guru pada pra siklus sebesar (62,50%), pada  siklus I menjadi  (75,00%)  pada siklus II menjadi (87,50%), dan rata-rata observasi yang diperoleh guru dari pra siklus ( 67%), siklus I (78%), meningkat pada siklus II (88%), sehingga Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) sangat membantu guru dan disukai karena meningkatkan kemandirian mengajar guru dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.

References

Dadang Yudistira. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APK (Asli perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

E. Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : P.T Remaja Rosdakarya.

Kokom Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Rochiati Wiraatmadja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung : P.T Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineksa Cipta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : P.T Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya Kusuma, dan Dedi Dwitagama 2010 Mengenal Penelitian Sekolah. Jakarta: PT Indeks

Zainal Aqib, 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Published
2022-12-26
How to Cite
Suwanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Dapat Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di SDN Banjarbanggi 1 Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 5(3), 41-47. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/1457

Article metrics

Abstract views : 29