Penerapan Strategi Pembelajaran Actual Learning Approach Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-A Semester Ganjil Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Tutik Setyowati. S.Pd. SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan
Keywords: Strategi Pembelajaran Actual Learning Approach, Prestasi Belajar

Abstract

Dengan strategi pembelajaran Actual Learning Approach (Pendekatan Pembelajaran secara Aktual/Nyata) pada siklus I, bahwa dari 32 siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) dan kemudian dievaluasi, ternyata diperoleh hasil jumlah siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik adalah 6 siswa dengan prosentase 15,79%. Dilihat dari hasil belajar tersebut belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Hal ini mencerminkan keadaan yang sesungguhnya kemajuan belajar siswa secara alamiah (tanpa ada tindakan kelas). Pada siklus 2 menunjukkan, bahwa setelah diadakan perubahan metode pembelajaran dengan metode Actual Learning Approach ternyata ada 34 siswa yang mendapat nilai dengan kriteria baik dengan prosentase 89,47%. Berarti menunjukkan adanya kenaikan prestasi belajar siswa dengan kriteria baik sebesar 73,68% dari siklus I. Hal ini setelah dianalisis dapat terjadi karena ada usaha-usaha pada diri siswa untuk belajar di rumah, dan untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Pada siklus 3 tampak dari 32 siswa, setelah diberikan ulangan harian terdapat kenaikan prestasi belajar siswa. Kenyataan ini setelah di analisis bahwa siswa semakin giat belajar di rumah dan juga berusaha untuk terus mengikuti pelajaran dengan sebaik–baiknya di kelas. Siswa yang telah merasa memiliki kenaikan nilai dari minggu sebelumnya terus berpacu meningkatkan daya serapnya. Dari siklus 3 ini nampak sekali pengaruh positif dari adanya pembelajaran Actual Learning Approach (Pendekatan Pembelajaran secara Actual/Nyata) terhadap kenaikan prestasi belajar siswa. Pada siklus ini merupakan kegiatan ulangan harian dengan materi mulai siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan. Berdasarkan kenyataan ini peneliti memiliki bukti kuat bahwa ada pengaruh positif dari pelaksanaan pembelajaran Actual Learning Approach (Pendekatan Pembelajaran secara Actual/Nyata) terhadap kenaikan prestasi belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal pada Siswa Kelas VII-A Semester Ganjil Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Abdurrahman, M. & Bintoro, T. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problem dalam Belajar : Pedoman Guru. Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Humalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Miles, M. B. & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Moesono, D & Sujono. 1993. Ilmu Pengetahuan Alam 5, Mari Berhitung, Petunjuk Guru Sekolah Menengah Pertama Kelas 5. Jakarta : Departemen P dan K.

Moleong, L. J. 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito.

Nurhadi, & Senduk, G. A. 2003. Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang .

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS – Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9, 10.

Winkel, 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : Bayu Media Publishing.

Published
2021-10-24
How to Cite
Setyowati. S.Pd., T. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Actual Learning Approach Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-A Semester Ganjil Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(3), 41-48. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/1120

Article metrics

Abstract views : 4