Manfaat Model Pembelajaran Reliating Approach Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-IPA-2 Semester Ganjil Di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 20192020

  • Ely Setyowati, S.Pd. SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan
Keywords: Reliating Approach Learning, Meningkatkan Prestasi Belajar

Abstract

Dengan Penggunaan Reliating Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Belajar dikaitkan dengan Konteks pengalaman kehidupan nyata) hasil analisis data diperoleh bahwa 100% siswa senang terhadap ketrampilan Reliating Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang Mengembangkan Belajar dikaitkan dengan Konteks pengalaman kehidupan nyata), dan 75,5%  berpendapat bahwa perangkat yang digunakan baru. Selain itu respon siswa tentang ketrampilan proses, 82,6% senang dan 72,2% berpendapat baru mengenai ketrampilan proses yang digunakan. Data ini menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti Belajar jika belajar menggunakan ketrampilan Reliating Approach Learning dan ketrampilan proses, khususnya pada komponen ketrampilan proses melakukan pengamatan di mana pendapat siswa senang dalam melakukan pengamatan sebesar 95,7%. Penerapan Reliating Approach Learning dalam Belajar Kompetensi Dasar dengan Topik Pembelajaran Rumus Empiris dan Rumus Molekul pada Siswa Kelas X-IPA-2 Semester Ganjil Di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020 tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Belajar. Penerapan Reliating Approach Learning dalam Belajar Pokok Bahasa Rumus Empiris dan Rumus Molekul pada Siswa Kelas X-IPA-2 Semester Ganjil di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020 berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Belajar. Kasus di Atas terdiri Atas dua sampel yang berhubungan satu sama lain, karena setiap subjek (dalam hal ini para murid) mendapat pengukuran yang sama, yaitu diukur pada siklus I dan siklus 2. Dan Akhirnya dalam kegiatan Penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil. 

References

Amen M. 1987. Pendidikan Science. Yogyakarta : FKIE IKIP.

Arends, R. 1997. Clasroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies.

Arikunto – Suharsini. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.

Borich, G.D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. New York : McMillan Publishing Company.

Carin, A.A. 1993. Teaching Modern science. New York : McMillan Publishing Company.

Dahar, R.W. 1986. Interaksi Belajar mengajar Kimia. Jakarta UT.

Guiford & FrUChter B. Fundamental Statistic in Psycology and Education. McGrow-Hill International Edition. 1987.

Kemp, J.E., Morisson G.R., Ross, S.M.1994. Designing Learning in the Science Classroom, New York : Glencoe Macmillan / Mc.Grawhill.

M. Khafid – Suyuti 2003. Pelajaran Kimia Contemporary English untuk Kelas VIII SMK Semester 1, Kurikulum 2004, Yudisthira, Jakarta.

Nasution, S. 1987. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bina Aksara.

Tabrani, Dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Winkel. Psikologi Pengajaran. Gramedia Jakarta, 1989.

Published
2021-10-24
How to Cite
Setyowati, S.Pd., E. (2021). Manfaat Model Pembelajaran Reliating Approach Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-IPA-2 Semester Ganjil Di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 20192020. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(3), 34-40. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/1119

Article metrics

Abstract views : 8