Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI-IPA-3 Semester Ganjil Di SMA Negeri 3 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.

  • Budi Setiyo Harno Putro. S.Pd. SMA Negeri 3 Madiun, Kota Madiun
Keywords: Prestasi Belajar Fisika, Discovery Learning

Abstract

Dengan Discovery Learning (Pembelajaran yang mengembangkan hasil penemuan peserta didik) Pada Siklus I Dari hasil prestasi belajar tersebut diatas dapat disimpulkan secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 63,73 dengan prosentase sebesar 64%. Hal ini masih rendah dari SKBM yang telah ditentukan sebesar 70 atau 70%. Maka Kegiatan penelitian ini perlu diadakan penelitian pada siklus selanjutnya. Pada Siklus III hasil prestasi belajar tersebut diatas dapat disimpulkan secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 81,41 dengan prosentase sebesar 81%. Hal ini diatas dari SKBM yang telah ditentukan sebesar 70 atau 70%. Maka Kegiatan penelitian ini Tidak perlu diadakan penelitian pada siklus berikutnya dan dinyatakan berhasil. Dapat dikatakan bahwa prestasi belajar bidang studi Fisika dalam mengerjakan soal tes berMelalui terhadap siswa setelah Discovery Learning (Pembelajaran yang mengembangkan hasil penemuan peserta didik) yaitu pada post test Siklus I 27,91 % menjadi 79,07 % pada post test Siklus II. Dari hasil penelitian pada Siklus I, Siklus II terlihat bahwa siswa yang diberikan bantuan dalam menyelesaikan soal-soal tes ada Melalui terhadap proses kegiatan belajar mengajar bidang studi Fisika dengan adanya Melalui tersebut dimungkinkan kualitas siswa dalam proses belajar mengajar bidang studi Fisika akan lebih baik. Diharapkan juga pemberian bantuan dalam menyelesaikan soal-soal tes tersebut dapat dijadikan suau alernatif dalam menentukan metode pengajaran khususnya pada materi pelajara Fisika. Sehingga untuk pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

References

Arikunto Suharsimi, “Dasar-Dasar Evaluas Pendidikan”, Jakarta, Bumi Aksara, 1993.

Ahmadi, H. Abu, “Psikologi Belajar”, Jakarta, Rineka Cipta, 1990.

Gagne, Robert M, “Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran”, Surabaya, Usaha Nasional, 1988.

Slameto, “Belajar dan Faktor-Faktor Yang Melalui”, Salatiga, Rineka Cipta, 1991.

Sukardi, D. Ketut. Drs, “Dasar-Dasar Bimbingan Penyuluhan di Sekolah”, Usaha Nasional, Suraaya, 1983.

Team bimbingan penyuluhan IKIP Surabaya, “Dasar-Dasar dan Pelayanan Bimbingan Penyuluhan”, Surabaya, FIP IKIP Surabaya, 1980.

W. S. Winkel, “Psikologi Pendidikan dan Evalluasi Belajar”, Gramedia Jakarta, 1984.

Published
2020-07-15
How to Cite
Harno Putro. S.Pd., B. (2020). Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI-IPA-3 Semester Ganjil Di SMA Negeri 3 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(2), 83-88. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/551

Article metrics

Abstract views : 37