Mengapresiasi Hasil Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Discovery Learning Kelas VI SD Semester Ganjil Di SD Negeri 2 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Nuriono, S.Pd. SD Negeri 2 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang
Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Jasmani, Discovery Learning

Abstract

Sejauh ini mutu pendidikan negara Indonesia masih sangat memprihatinkan. Surya (2002:32) menyatakan, “dalam lingkungan antar bangsa mutu sumber daya manusia Indonesia berada oada eringat yang rendah (Indonesia menduduki posisi urutan ke 109 dalam indeks perkembangan manusia) dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Bahkan lebih rendah satu tingkat dibawah Vietnam, padahal tahun yang lalu berada di bawah negara Indonesia. Pendidikan di negara Indonesia harus menapat prioritas utama, sehingga dimasa mendatang tidak semakin ketinggalan dan tenggelam arus milenium. Pendidikan harus menjadi kebutuhan dan menjadi posisi sentral dalam upaya memperbaiki kualitas SDM dan daya saing bangsa. Untuk itu penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Mengapresiasi Hasil Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Discovery Learning (Pembelajaran Yang Mengembangkan Hasil Penemuan Peserta Didik) Kelas VI-SD Semester Ganjil Di SD Negeri 2 Sukdono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil observasi pada skilus I aktifitas siswa yang kurang = 55,6%, cukup=22,2% dan baik=22,2%. Hasil prestasi siswa pada siklus I menunjukkan nilai secara rata-rata 54,73 (55%) pada awal tes, dan diakhir tes menunjukkan rata-rata sebesar 60,62 (61%) dan pada siklus II di awal tes secara rata-rata yang diperoleh menunjukkan 66,06 (66%) dan diakhir dilakukan tes yang diperoleh sebesar 68,26 (68%). Sehingga secara garis besar hasil prestasi belajar siswa pada sikus I mengalami kenaika dari tes awal dan akhir sebanyak 5,89 (6%) dan pada siklus II sebesar 2,2 (2%). Adapun hal yang lebih penting lagi dalam pembelajaran dengan diperoleh data secara keseluruhan secara rata-rata anak yang kurang aktif sebesar 6,25 dengan anak 25. Maka dari hasil pengamatan antar kelompok dikategorikan berhasil atau dapat diterima.

References

Ali Muhammad, 1975. Kamus Lengkap Pendidikan Jasmani Modern. Jakarta : Pustaka Amani.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan Menengah Umum DEPDIKBUD RI. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Kurikulum SMA DEPDIKBUD RI. Jakarta 1985.

Jujun Suryasumantri. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta IKIP Jakarta, 1986.

Nasution S. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung Jemars, 1982.

Marasuddin Siregar, Didaktik Metodik dan Kedudukannya dalam Proses Belajar Mengjar.Yogyakarta : Penerbit Sumbangsih, 1985.

Dipdikbud, 1999, Garis-Garis Besar Program Pengajaran IPS. Jakarta.

Medya, S, 1994. Panduan Penelitian Tindakan, Jogjakarta.

Usman, M.U., 1990, Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Published
2020-07-15
How to Cite
S.Pd., N. (2020). Mengapresiasi Hasil Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Discovery Learning Kelas VI SD Semester Ganjil Di SD Negeri 2 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(2), 62-68. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/548

Article metrics

Abstract views : 0