Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Model Expanding Panel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas 6 Semester Ganjil Di SDN Srimulyo 03 Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Mujayanto, S.Pd. SDN Srimulyo 03 Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang
Keywords: Aktivitas belajar, Pendekatan Kontekstual Model Expanding Panel

Abstract

Selama ini proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang ditemui masih secara invensional, seperti ekspositori, drill atau ceramah. Proses ini hanya menekankan pada pencapaan tuntutan kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemapuan belajar dan membangun individu. Kondisi seperti ini tidak akan menumbuh kembangkan aspek kemampuan dan aktivitas siswa seperti yang diharapkan. Akibatnya nilai-nilai yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Dalam hal ini guru ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu strategi pembelajaran yang belum pernah dilaksanakan, yaitu pendekatan pembelajaran yang akan membuat siswa dapat belajar aktif dimana siswa lebih berpartisipasi aktif sehingga kegiatan siswa dalam belajar jauh lebih dominan daripada kegiatan guru dalam mengajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka dilakukan penelitian tindakan sekolah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual model Expanding Panel sebagai solusinya. Peningkatan aktivitas belajar melalui pendekatan kotekstual model expanding Panel dalam Pembelajaran Bahasa Indoensia Kelas 6 pada Kompetensi Dasar Mengubah Puisi ke dalam Bentuk Prosa semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 Kelas 6 di SDN Srimulyo 03 Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan sebesar 73,91% meningkat pada Siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar 81%, dan siklus III sebesar 90%.

References

Departemen Pendidikan Nasional,2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta : Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Expanding Panel. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Kasihani dan Astini, Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Makalah pada Pelatihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MA dari Enam Propinsi. Di Surabaya tanggal 20 Juni s/d 6 Juli 2001.

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontesktual. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Nur, Muhammad, 2001. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Makalah pada Pelatihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MTs Enam Propinsi. Di Surabaya tanggal 20 Juni s/d 6 Juli 2001.

Published
2020-07-15
How to Cite
S.Pd., M. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Model Expanding Panel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas 6 Semester Ganjil Di SDN Srimulyo 03 Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(2), 47-55. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/546

Article metrics

Abstract views : 0