Mengoptimalkan Hasil Motivasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan/Penjaskes Pada Siswa Kelas 5 Semester Ganjil Melalui Inquiry Approach Learning Di SDN 3 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Tridoyo Basuki, S.Pd. SDN 3 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang
Keywords: Motivasi, Media Pembelajaran

Abstract

Usaha guru mengarahkan pengalaman belajar siswa tidak selamnya dapat dilakukan dengan lancar, sering terdapat hambatan-hambatan yang memerlukan pemecahan. Usaha-usaha pemecahan harus disesuaikan dengan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, melalui penelitian-penelitian kecil di kelas. Penelitian semacam ini sering disebut penelitian siklus.  Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengupayakan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan/panjaskes pada siswa kelas 5 semester ganjil melalui inquiry approach learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan untuk menemukan suatu konsep) di SDN 3 Sukodono – Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, tahun pelajaran 2019/2020. Dimana penelitian ini dilakukan per siklus. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian bahwa motivasi hasil prestasi yang diperoleh oleh siswa selama siklus awal sampai akhir siklus adalah mengalami kenaikan rata-rata secara keseluruhan 12,36%. Berdasarkan temuan yang diperoleh motivasi hasil prestasi yang dicapai oelh siswa setelah pembelajaran memakai media adalah 7,7% atau sekitar 8% daripada sebelum mendapatkan siklus, yang berarti bahwa setiap kali dilakukan refleksi dan revisi daris etiap siklus hasil belajar sudah menunjukkan adanya peningkatan.

References

Depdikbud, 1983. Pedoman Umum Manusia dan Alam Sekitarnya. Jakarta : Depdikbud.

Hadiat, Kertasa, 1984. Metodologi IPA. Jakarta : Depdikbud.

Kasiran, Moh. 1983. Ilmu Jiwa PErkemabgnan Anak. Surabaya

LatLtheru, J.D., Media Pembelajaran : Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini, Jakarta. P2LPTK Dirjen Dikti. Depdikbud.

Hakim, Lukman, 1996. Penelitian Siklus, Jakarta. P2LPTK Dirjen Dikti. Depdikbud.

Miarso, Y. 1984. Teknologi Komunikasi PEndidikan, Pengertian dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta : CV. Rajawali Jakarta.

Poerwodarminto, 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Subiyanto, 1988. Evluasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta. Depdikbud.

Sudjana, Nana, Rival. 1991. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembauatannya). Bandung : Sinar Baru Bandung.

Sugiyanto, 1992. Mamahami Sepuluh Kemampuan Dasar Guru, Media Pembinaan Pendidikan.

Sugiyanto, 1998. Penelitian Siklus Kelas : Bahan Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah, Depdikbud.

Sukarno, 1981. Dasar-dasar Pendidikan Jasmnai dan Kesehatan/Penjaskes, Jakarta : Karya Aksara,

Surjabrata, Su,adi, 1990. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali.

Susilo, Herawati, 1995. Penilaian Siklus Apa dan Mengapa Disajikan di dalam Seminar Fakultas FP MIPA IKIP Malang : Malang, 2 Februari 1995.

Published
2020-07-15
How to Cite
S.Pd., T. (2020). Mengoptimalkan Hasil Motivasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan/Penjaskes Pada Siswa Kelas 5 Semester Ganjil Melalui Inquiry Approach Learning Di SDN 3 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(2), 24-30. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/542

Article metrics

Abstract views : 5