Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Pokok Procedure Text Pada Siswa Kelas XI Tata Boga 6 SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 Dengan Metode Pemberian Tugas

  • Mujiatun, S.Pd.M.,MPd. SMKN2 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung
Keywords: Procedure Text, Metode Pemberian Tugas, Bahasa Inggris

Abstract

Mengajar merupakan suatu usaha untuk membuat siswa belajar. Dengan demikian mengajar merupakan usaha untuk mengubah tingkah laku pada diri siswa. Terjadinya perubahan pada diri siswa juga tergantung pada faktor internal dan faktor eksternal diri siswa. Faktor internal merupakan dimensi siap atau tidaknya siswa menerima perubahan tingkah laku tersebut.  Untuk mencapai peningkatan dengan Materi Pokok Procedure Text pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa XI Tata Boga 6 SMK Negeri 2 Boyolangu  Kabupaten Tulungagung Semester Genap  Tahun Pelajaran 2018/2019 , penulis berusaha mencari alternatif  metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode Pemberian Tugas. Agar penerapan metode ini dapat berhasil, diperlukan kesungguhan dan persiapan secara matang dari guru maupun siswa. Berdasar alasan-alasan di atas, penulis melakukan penelitian sejauh mana peranan pembelajaran dengan menggunakan metode Pemberian Tugas terhadap peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Tata Boga 6 SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari penerapan metode Pemberian Tugas siswa selama tiga siklus, diperoleh peningkatan nilai rata-rata Materi Pokok Procedure Text pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris sebagai berikut: sebelum diterapkannya metode Pemberian Tugas, rata-rata nilai kelas XI Tata Boga 6 adalah sebesar  62,36; setelah diterapkan pada siklus I sebesar 76,58, pada siklus II sebesar 83,63, dan pada siklus III sebesar 91,38. Dengan adanya peningkatan hasil belajar tersebut, berarti pembelajaran dengan menerapkan metode Pemberian Tugas memenuhi indikator keberhasilan penelitian.

References

Abbs B., I. Frebairen, C. Barker,, 2008, New Snapshot. London : Pearson Education Limited.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: PT Bumi Aksara

Nur, Muhamad. 1987. Pengantar Teori Tes. Jakarta: Depdikbud Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sudjana, Nana dan Arifin Daeng. Metode Pemberian Tugas. Bandung: Sinar Baru.

Suharsini, Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian Pendidikan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2020-07-15
How to Cite
S.Pd.M.,MPd., M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Pokok Procedure Text Pada Siswa Kelas XI Tata Boga 6 SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 Dengan Metode Pemberian Tugas. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(2), 1-7. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/539

Article metrics

Abstract views : 4