Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pembinaan Program Gemar Membaca Buku Referensi Perpustakaan Di SMPN 2 Mejayan Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Bambang Sudarmanto, S.Pd.,M.Pd. SMP Negeri 2 MEJAYAN
Keywords: Menyusun RPP, Gemar Membaca Buku Referensi

Abstract

Pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku  referensi kependidikan di perpustakaan sekolah merupakan gagasan peneliti selaku kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah di  sekolah yang lazim disebut penelitian tindakan  sekolah dengan melibatkan 11 guru yang mewakili dari setiap mata pelajaran SMPN 2 Mejayan sekaligus peneliti melakukan  pembinaan program kegiatan gemar membaca referensi buku pendidikan di perpustakaan  dengan memberikan wawasan dan motivasi tentang pemanfaatan referensi buku pendidikan dalam pembelajaran, serta memilih buku atau artikel yang bisa digunakan sebagai sumber belajar. Peniliti juga memberi bimbingan menyusun RPP berdasar standar yang berlaku dan guru merencanakan pelaksanaan pembelajaran dari referensi yang sudah dipilihnya sesuai materi dengan SK/KD/Indikator. Penelitian tindakan ini dilakukan  dalam dua siklus, setiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil  observasi siklus 1 menunjukkan guru yang tergolong aktif  1 orang atau 9.09%,  tergolong cukup aktif  7  orang atau 6364% dan tergolong kurang aktif 3 orang atau 27.27%. sedangkan perolehan hasil skore penilaian RPP menunjukkan; 2 orang guru memperoleh kualifikasi Baik dan 9 orang guru memperoleh kualifikasi Cukup. Hasil siklus 2 guru yang tergolong sangat aktif  9 orang atau 81.82% dan tergolong aktif 2 orang atau 18.18%, sedangakan perolehan hasil skore penilaian RPP siklus II menunjukkan kenaikan hasil yang memuaskan yaitu; 2 orang guru memperoleh kualifikasi Amat Baik dan 9 orang guru memperoleh kualifikasi Baik. Berdasarkan data  hasil pengamatan dan penilaian dari siklus 1 dan siklus 2  dapat dinyatakan  bahwa  model  pembinaan program penyelenggaraan gemar membaca buku-buku referensi kependidikan di perpustakaan   dapat meningkatkan kinerja guru mata pelajaran dalam menyusun RPP.

References

Bahar, Ahmad dan Sholeh, Zuhri, (2006). Penuntun Praktis Cara Belajar Mengajar Yang Efisien. Jakarta : CV Karya Utama

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2003, Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2005, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

Hadari Nawawi, ( 2005). Metodologi Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Mulyasa, 2009. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: REMAJA Rosda Karya

Nana Sudjana, (1986). Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Nana Sudjana, (1991). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertai. Bandung : Sinar Baru.

Poerwodarminto, W.J.S. (1989). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

R. Widodo, 1989. Pedoman Pengelolaan Perpustakaan, Jakarta : Depdiknas Press.

Suharjono, Tanya Jawab Tentang Karya Tulis Ilmiah dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah Makalah pendukung sajian lisan pada Workshop Penulisan KTI untuk kenaikan golongan bagi pengawas yang diselengarakan oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Depok, Senin, 28 Juli 2008.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas, Yogyakarta: Aditya Media

Published
2019-11-12
How to Cite
Sudarmanto, S.Pd.,M.Pd., B. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pembinaan Program Gemar Membaca Buku Referensi Perpustakaan Di SMPN 2 Mejayan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(3), 11-20. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/401

Article metrics

Abstract views : 36