Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Kooperatif Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam

  • Wiwy Naswida SDN 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam
Keywords: meningkatkan kemampuan menulis puisi, model kooperatif

Abstract

Tujuan penulisan penelitian laporan ini adalah agar dapat menemukan suatu cara dalam menghadapi kesulitan dan masalah yang ditemui di dalam kelas serta diperoleh suatu pembelajaran yang bermakna dan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN 19 Tanjung Medan,Kecamatan Ampek Angkek dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini berlatar belakang dari kesulitan siswa dalam menemukan ide-ide / kata kata dalam menulis puisi. Kesulitan mereka disebabkan oleh kemampuan siswa dalam menuangkan ide/kata kata yang memang masih lemah. Materi menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa khususnya dibidang sastra. Sangat disayangkan apabila materi ini tidak dipelajari secara sungguh sungguh.Di samping itu masih banyak siswa yang beranggapan bahwa puisi berdekatan dengan sifat cengeng, tidak bermanfaat, tidak ilmiah,dan sulit untuk dipahami.Dari sinilah guru dituntut untuk mengubah pandangan siswa bahwa puisi itu dekat dengan kita ,bermanfaat dan menyenangkan. Untuk mengatasi masalah ini maka penulis berupaya menjembatani dengan membuat penelitian Tindakan kelas dengan judul meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan metoda kooperatif. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,pelasanaan tindakan,pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 19 Tanjung Medan,Kecamatan Ampek Angkek yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktifitas siswa dalam belajar menulis puisi.Dengan demikian kemampuan menulis puisi dengan model kooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas III SDN 19 Tanjung Medan,Kecamatan Ampek Angkek.

References

Arif. 2003. Belajar Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Untuk Pemahaman Konsep Statistika. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Atit Suryati. 2008. Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa.(Online) (http://educare.efkipunla.net/index.php?option=com content& task=view&id =61&Itemid=1 diakses tanggal 13 Januari 2020 ).

Didik Komaidi. 2007. Aku Bisa Menulis. Yokyakarta: Sabda.

Elfia Sukma. 2006. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Magister Universitas Negeri Malang.

Etin Solihatin, Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Farida Rahim. 2005. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis, Stephen dan Robin Mc Taggart. 1992. The Action Reserch Planner. Victoria: Deakin University.

Lie Anita. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Miles, BM dan Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mohamad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Suparno, Muhammad Yunus. 2004. Ketermpilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Published
2023-04-07
How to Cite
Naswida, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Kooperatif Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(3), 57-64. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1507

Article metrics

Abstract views : 31