Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Moda Daring Google Classroom Dalam Pembelajaran Geografi Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XI-IPS-3 Semester Genap Di SMA Negeri 1 Jogorogo, Kabupaten Ngawi

  • Ignatia Leni Harliani SMA Negeri 1 Jogorogo, Kabupaten Ngawi
Keywords: prestasi belajar, kreativitas berpikir, strategi moda daring google class room

Abstract

Dengan menggunakan Model pembelajaran diskusi kelas dapat berjalan dengan optimal. Kemampuan dasar pada materi pembelajaran Manfaat Pergerakan benda benda di langit dapat tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada hasil evaluasi siswa yang mencapai ketuntasan 75%. Hasil Pengamatan Siswa yang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siklus I : Aktivitas : Baik 16%; Cukup 36%; Kurang 48%. Perhatian : Baik 16%; Cukup 40%; Kurang 44%. Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Siklus I Dengan Model pembelajaran diskusi kelas : 5 siswa memperoleh nilai 5; 18 siswa memperoleh nilai 6; dan 7 siswa memperoleh nilai 7. Nilai rata-rata 6,07. Prosentase 61%. Hasil Pengamatan Siswa Pada Siklus II : Aktivitas : Baik 56%; Cukup 24%; Kurang 20%. Perhatian : Baik 48%; Cukup 36%; Kurang 16%. Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Siklus II : 13 siswa memperoleh nilai 6; dan 17 siswa memperoleh nilai 7. Nilai rata-rata 6,56. Prosentase 66%. Hasil Pengamatan Siswa Pada Siklus III : Aktivitas : Baik 72%; Cukup 24%; Kurang 4%. Perhatian : Baik 76%; Cukup 20%; Kurang 4%. Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Siklus II : 10 siswa memperoleh nilai 7; 17 siswa memperoleh nilai 8; dan 3 siswa memperoleh nilai 9. Nilai rata-rata 7,8. Prosentase 78%. Dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa dengan Model pembelajaran diskusi kelas dapat meningkatkan aktifitas dan perhatian siswa pada pelajaran Kelas yang mengjar bidang Studi Geografi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Dari hasil prestasi belajar diatas secara rata rata pada hasil prestasi belajar bidang studi Kelas yang mengjar bidang Studi Geografi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XI-IPS-3 Semester Genap di SMA Negeri 1 Jogorogo, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. menunjukkan 7.8 (78%). Hal ini masih berada diatas SKBM atau ketuntasan belajar sebesar 70.00. maka proses pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar menjadi Tuntas dan tidak perlu dialakukan kegiatan pada siklus berikutnya. Maka proses pemberian tudas yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar menjadi Tuntas.

References

Arsyad, Maidar G. dan Mukti M.S. 1986. Buku Materi Pokok Geografi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19cara II. Jakarta : Karunika.

Abdurrahman, M., & Bintoro, T. 2000. Me-mahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah

Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Miles, M. B., & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moesono, D & Sujono. 1993. Geografi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 5, Mari Berhitung, Petunjuk Guru Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta: Departemen P dan K.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurhadi, & Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS-Geografi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9,10.

Winkel, 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2023-04-07
How to Cite
Harliani, I. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Moda Daring Google Classroom Dalam Pembelajaran Geografi Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XI-IPS-3 Semester Genap Di SMA Negeri 1 Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(3), 23-29. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1502

Article metrics

Abstract views : 21