Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas I SDN Cangkring 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

  • Eko Sulistyawati, S.Pd.SD SDN Cangkring 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo
Keywords: hasil belajar, sosial, budaya, ekonomi, politik, ASEAN, Rotating Trio Exchange

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Kelas I SDN Cangkring 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo, maka diperoleh data rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dilihat dari data prestasi Matematika mencapai mean skor 57,20 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar hanya 52,00% dengan standar ketuntasan minimal ditetapkan 75. Diharapkan dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange ini terjadi peningkatan hasil belajar Matematika, mean skor meningkat menjadi 75 atau lebih dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar mencapai 75% dari keseluruhan jumlah siswa di Kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan dan tiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit), dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan jurnal. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada mata pelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas I SDN Cangkring 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing siklus I sebesar 73,40, siklus II sebesar 78,80 dan siklus III 84,80. Selain itu peningkatan ini juga didukung dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,00%, siklus II meningkat menjadi 84,00% dan siklus III meningkat dengan pesat sebesar 96,00%.

References

Arifin, I. 1998. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Berprestasi. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di Sekolah. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research In Education. Boston: Allyn & Bacon.

Guba, E.G. & Lincoln, Y.S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Miles, M.B., & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia Jakarta.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi, & Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2021-10-24
How to Cite
Sulistyawati, S.Pd.SD, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas I SDN Cangkring 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 6(3), 43-50. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1108

Article metrics

Abstract views : 9