Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan/Penjaskes Melalui Teknik Pembelajartan Self Esteem Approach Pada Siswa Kelas VIII-C Semester Genap Di SMP Negeri 1 Pringkuku, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019.

  • Sigit Widyanto, S.Pd. SMP Negeri 1 Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Keywords: prestasi belajar pendidikan jasmani dan kesehatan/penjaskes, self esteem approach

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Melalui kegiatan belajar yang menekankan pada Self Esteem Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan kesadaran akan harga diri peserta didik) siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah. Dengan Self Esteem Approach , bukan mendengarkan ceramah dan mencatat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan penelitian tersebut berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil penelitian berikut : pada Siklus I dapat diketahui kategori kurang dalam Prestasi Belajar belajar adalah nilai 5 dengan frekuensi 4 dan prosentase 10.00%, kategori nilai sedang adalah nilai 6 dengan frekuensi 10 dan prosentase 10-.00%, sedangkan kategori hasil belajar cukup adalah nilai 7 dengan frekuensi 13 dan prosentase 32.5%, nilai cukup baik adalah 8 dengan frekuensi 10 dan prosentase 25.0%, nilai baik adalah 9 dengan frekuensi 3 dengan prosentase 7.5% dan nilai sangat baik adalah 10 dengan frekuensi 0 dan prosentase 0%. Dengan nilai rata rata pada siklus I ini adalah 68.33. hal ini masih dibawah SKBM 75. sehingga perlu dilakukan kegiatan pada siklus berikutnya. Dan Pada siklus yang ke II strategi pembelajaran Self Esteem Approach . diketahui kategori kurang dalam Prestasi Belajar belajar adalah nilai 5 dengan frekuensi 0 dan prosentase 0%,kategori nilai sedang adalah nilai 6 dengan frekuensi 3 dan prosentase7.50% sedangkan kategori hasil belajar cukup adalah nilai 7 dengan frekuensi 9 danprosentase 225%, nilai cukup baik adalah 8 dengan frekuensi 13 dan prosentase 32.00% nilai baik adalah 9 dengan frekuensi 10 dengan prosentase 25.00%dan nilai sangat baik adalah 10 dengan frekuensi 5dan prosentase 12.50% dan rata rata nilai pada siklus II ini sebesar 86.11. Berdasarkan pada kegiatan siklus 2 tersebut, peneliti melakukan refleksi dari hasil kegiatan penelitian sebagai berikut : (1) terlihat ada peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dibandingkan dengan kegiatan belaajr mengajar sebelumnya (menggunakan strategi tradisional), (2) beberapa siswa cepat dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru, (3) beberapa siswa sudah ada keberanian dalam menyampaikan pendapat, dan (4) kegiatan diskusi sudah terkesan hidup dan berjalan, tidak lagi didominasi oleh siswa yang pandai. Sehingga dalam penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

References

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research In Education. Boston : Allyn & Bacon.

Guba, E.G., & Lincoln, Y.S. 1981. Efective Evaluation. San Fransisco : Jossey – Bass Publishers.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Miles, M.B., & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong. L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual. Malang : Universitas Negeri 2 Malang.

Nurhadi, & Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang Universitas Negeri 2 Malang.

Spradley, J., P., 1980. ParticIPA dint Observation. New York : Holt, Rinehart and Winston.

Suparno, P., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua. Cetakan keempat belas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Zuriah. N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : Bayu Media Publishing.

Published
2021-10-24
How to Cite
Widyanto, S.Pd., S. (2021). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan/Penjaskes Melalui Teknik Pembelajartan Self Esteem Approach Pada Siswa Kelas VIII-C Semester Genap Di SMP Negeri 1 Pringkuku, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 6(3), 21-28. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1105

Article metrics

Abstract views : 7