Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan RPP Melalui Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif Pada Semester I UPT SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Dra. Muafiah, M.Pd. SMP Negeri 1 Wonorejo
Keywords: pengembangan silabus dan RPP, pembinaan profesional, pendekatan kooperatif

Abstract

Peran serta dan upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan kompetensi gurupun sangat berpengaruh. Untuk itu berbagai upaya kepala sekolah dilakukan di antaranya melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif terhadap guru di SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 31 guru SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruanpadatahunpelajaran 2016/2017.Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul, tersusun, dan di klasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upayaKepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Dalam Pengembangan Silabus Dan RPP Melalui Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif di SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruan semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan silabus dan Rencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal, menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus I dan menjadi 92,57 kriteria nilai sangat baik pada siklus II. Kesimpulannya adalah pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti berhasil dalam meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan silabus dan RPP di SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruan semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.

References

Apriebn. 2011. Pengertian RPP-Apa itu RPP ?. www.opera15.blogspot.com.

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan, dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

E. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin 2004. Paradigma Pendidikan dan Supervisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musyarofah. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode Dan Trampil Mengajar. Bandung: alfabeta.

Mutamimah Retno Utami. 2012. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadeem, & et.al. 2011. Teacher’s Competencies andFactors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science 2.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2012. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2002. Pendidikan Tingkat Kepenelitian Konsep Dan Aplikasinya Bagi Peneliti Sekolah. Jakarta: LPP Bina Mitra.

Nasution. 1996. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yuwono, Ipung. 2001. RME (Realistic Mathematic Education) dan Hasil Studi Awal Implementasinya di SLTP. Makalah disampaikan pada seminar Nasional RME.

Published
2021-06-22
How to Cite
M.Pd., D. M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan RPP Melalui Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif Pada Semester I UPT SMP Negeri 1 Wonorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(1), 56-63. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/958

Article metrics

Abstract views : 17