Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Melalui Strategi AS-A-Proses Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Ekowati Wahyu Hardini, S.Pd. SMPN 4 Ponorogo
Keywords: KemampuanMenulisTesDeskriptif,, Strategi As-A-Proses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penerapan strategi As-A-Proses pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Ponorogo yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini terdiri dari Tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian keterampilan menulis teks deskripsi, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi As-A-Proses dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Ponorogo baik dari segi proses maupun produk. Peningkatan proses dapat dilihat pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan siswa dalam memperhatikan pembelajaran, keantusiasan, keaktifan, dan suasana pembelajaran di kelas lebih kondusif. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas belajar. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis teks deskriptif dari tahap pra tindakan hingga siklus III mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pratindakan 62,05%, siklus I 69,17%,  siklus II 74,23% dan siklus III 100%. Dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi As-A-Proses merupakan salah satu strategi menulis yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif di kelas VIII ESMP Negeri 4 PonorogoTahunPelajaran 2015/2016.

References

Cahyono, B. Y. 2001. Second Language Writing and Rhetoric. Malang: State University of Malang Press.

Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Hanisyah, Resi Ayu. 2011. Penerapan Peta Pikiran (Mind Maps) sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRIBabakanmadang. Skripsi. http://repository. uinjkt. ac. id/. Diunduh pada 13 September 2015.

Harmer, J. 2004. How to Teach Writing. Malaysia: Pearson Education Limited.

Hornby. 2000. ASOxford Advanced Learner's Dictionary of Current English 6th ed. Oxford: Oxford University Press.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Keraf, Gorys. 1981. Deskripsi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.

Mugantara. Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardiman, Artono et. al. 2008. EnglishinFocus,forgradeVIIJuniorhighschool (SMP/MTs). Jakarta:Departemen PendidikanNasional.

Published
2021-06-21
How to Cite
Hardini, S.Pd., E. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Melalui Strategi AS-A-Proses Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(1), 25-33. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/954

Article metrics

Abstract views : 11