Pembentukan Forum Diskusi Kelompok Keciluntuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SDN Wungu 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Tohari Tohari SDN Wungu 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun
Keywords: pengelolaan kelas, forum diskusi kelompok kecil

Abstract

Delapan standar nasional pendidikan yang harus dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, salah satu di antaranya adalah standar pendidikan dan tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan mencakup antara lain; pengawas sekolah atau pengawas satuan pendidikan, kepala sekolah, tenaga perpustakaan sekolah dan tenaga administrasi sekolah. Ketersediaan tenaga pendidik yang mempunyai profesionalitas tinggi dapat dimulai dengan peningkatan SDM pelaku pendidikan itu sendiri, dengan ketersediaan tenaga pendidik yang mumpuni diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kompetensi guru SDN Wungu 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dalam pengelolaan kelas melalui Forum Diskusi kelompok Kecil? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Sekolah (PTS) sebanyak tiga putaran (siklus). Sasaran penelitian ini adalah guru SDN Wungu 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Data penelitian berupa data observasi berupa pengamatan pengelolaan kelas dan pengamatan aktivitas guru pada setiap siklus. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ada peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan kelasmelalui Forum Diskusi Kelompok Kecil terbukti dengan meningkatnya skor pengelolaan kelas mulai siklus I (2,75), siklus II (3,50) hingga siklus III (3,71).

References

Arend, R I. 2007. Learning to Teach. Seventh Edition. New York, NY: McGraw Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2007. Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs,dan SMA/MA.

Kennedy, L. M. and Tipps, S. 1998. Guiding Children’s Learning of Mathematics. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kerjasama. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono,prof DR 2004 Metode Penelitian Administrasi Jakarta CV Alfabet

Suharta, I.G.P. 2002. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi dalam KBK. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional, Universitas Negeri Malang, Malang, 12 Oktober.

Published
2023-04-08
How to Cite
Tohari, T. (2023). Pembentukan Forum Diskusi Kelompok Keciluntuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SDN Wungu 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 2(4), 51-57. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1531

Article metrics

Abstract views : 48