Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Autocad Melalui Pemebelajaran Menggunakan Modul Bergambar Pada Siswa Kelas XII DPIB-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Wahyu Savitri Intan Hapsari SMKN 3 Boyolangu Tulungagung
Keywords: pemahaman siswa, materi autocad, modul bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi autocad melalui pembelajaran menggunakan modul bergambar pada siswa SMK Negeri 3 Boyolangu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang materi autocad setelah mengikuti pembelajaran menggunakan modul bergambar yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas serta berupaya meningkatkan profesionalisme guru. Analisis menunjukan bahwa peningkatan pemahaman siswa SMK Negeri 3 Boyolangu dalam pembelajaran autocad dengan menggunakan modul bergambar dibuktikan dengan nilai tes pra tindakan 52,5 dan nilai tes pasca tindakan 92,5. Jadi dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman siswa dari nilai tes pra tindakan 52,5 ke nilai tes pasca tindakan 92,5 disebabkan sebagian besar siswa telah faham materi autocad.

References

Andayani, Farida dan Febrian, Jack. (2002). Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Bandung: Penerbit Informatika.

Khan, Yahya. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publising.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT.Indeks.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-04-08
How to Cite
Hapsari, W. (2023). Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Autocad Melalui Pemebelajaran Menggunakan Modul Bergambar Pada Siswa Kelas XII DPIB-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 2(4), 8-12. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1524

Article metrics

Abstract views : 87