Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Kegiatan Pendampingan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SD Negeri Sumbersari 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Supatemi Supatemi SDN Sumbersari 04 Kec. Rowokangkung Kab. Lumajang
Keywords: peningkatan kemampuan guru, penyusunan RPP, Pendampingan

Abstract

Hasil, dari pengalaman yang dilakukan Pelatiahan Menyusun RPP pada Guru-guru di SDN Sumbersari 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, menunjukkan bahwa dari 8 orang guru dimana kemampuan awal sebelum dilakukan Pendampingan ada 4 orang guru dapat menyusun RPP secara sederhana, dan 4 guru lainnya belum memiliki kemampuan sesuai harapan. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan tindakan pendampingan terhadap mereka. Langkah-langkah yang dilakukan adalah 1) Peneliti memberikan penjelasan singkat, curah pendapat, diskusi teoritis 2) kerangka RPP dan contoh RPP yang Ideal. 3) Melakukan Modeling pembelajaran oleh fasilitator. 4) Diskusi kelompok tentang modeling 4) Diskusi kelompok menyusun RPP berdasarkan modeling. 5) Presentasi RPP hasil modeling dan ditanggapi kelompok lain. 6) Memberi tugas menyusun RPP I secara individu. 7) Diskusi kelompok RPP I individu. 8) Revisi pertama RPP I. 9) Mikro teaching RPP I 10) Diskusi kelompok RPP I setelah dilakukan mikro teaching. 11) Revisi ke dua RPP I. 12) Melakukan Observasi dengan Angket Observasi. 13) Mikro teaching ulang hasil revisi. 14) Revisi ke tiga RPP I 15) melakukan Refkesi. Dari hasil observasi dan evaluasi hasilnya adalah: pada siklus I rata-rata skor : 25,69 kriteria Baik pada siklus II rata-rata skor : 31,69 dengan krireria Baik. Dengan catatan bahwa secara perorangan pada akhir siklus II tidak ada yang memperoleh skor dibawah 30. Artinya bahwa strategi Pendampingan yang dilakukan melalui Pendampingan tersebut berhasil dengan baik. Kesimpulan bahwa, Kemampuan menyusun RPP bagi Guru dapat dilakukan melalui Pendampingan baik oleh Pengawas maupun Kepala sekolah.

References

Echols, John M. Kamus Inggris- Indonesia Indonesia-Inggris, Jakarta, Program Manajemen Berbasis Sekolah, BP Cipta Jaya, Jakarta, 2010.

Ivor K. Davies, Pengelolaan Belajar, Penerbit Pusat Antar Universitas Universitas Terbuka kerjasama dengan CV Rajawali Pers Jakarta, 2011.

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Penerbit Rineka Cipta Jakarta, 2008.

Manajeman Berbasis Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Undang-undang Guru, Nomor 14 tahun 2005, Jakarta 2005.

Published
2021-10-22
How to Cite
Supatemi, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Kegiatan Pendampingan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SD Negeri Sumbersari 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(2), 82-87. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1070

Article metrics

Abstract views : 3