Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Secara Periodik Di sd Negeri Sentul 01 Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Much. Sulkan SDN Sentul 01 Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang
Keywords: peningkatan kinerja guru, supervisi edukatif

Abstract

Kelayakan mengajar guru tidak cukup hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dan sesi penguasaan materi, menguasai kelas, memilih dan menggunakan metode, media serta evaluasi pembelajaran. Teknik-teknik mengajar yang harus betul-betul dikuasai oleh seorang guru, mulai dari menyusun perencanaan, melaksanakan pembelajaran, merumuskan indikator penilaian dan menyusun program tindak lanjut hasil penilaian. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah(PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi edukatif  dalam  meningkatkan kinerja guru. Dalam penelitian tindakan sekolah(PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal yaitu: a) sejumlah 92,44% dari 6  guru telah mampu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dengan baik, b) Sejumlah 93,81% dari 6 guru telah mampu menyajikan proses kegiatan belajar mengajar dengan baik, c) sejumlah 90,56% dari 6 guru telah menyusun dan melaksanakan kegiatan penilaian dengan baik berdasarkan instrumen supervisi yang telah dirumuskan, d) sejumlah 83% dari 6 guru telah menyusn program tindak lanjut dari capaian penilaian hasil belajar siswa dengan baik. Dari beberapa indikator capaian hasil supervisi edukatif terhadap guru SD Negeri Sentul 01 dapat disimpulkan bahwa setiap indikator supervisi telah mencapai keberhasilan karena telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan supervisi edukatif terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan program tindak lanjut hasil penilaian.

References

Arifin, I. 2010. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2011. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 2010. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.

Depdiknas RI 2013, Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas

Dirjen PMPTK.2015. Bahan Belajar Mandiri Musyawarah kerja kepala sekolah Dimensi Supervisi.Jakarta : Dirjen PMPTK

Published
2021-10-22
How to Cite
Sulkan, M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Secara Periodik Di sd Negeri Sentul 01 Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(2), 51-56. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1066

Article metrics

Abstract views : 4