Peningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Tabung Melalui Model Pembelajaran TAPPS Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dawuhan Wetan 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Nanik Badriatunikmah SD Negeri Dawuhan Wetan 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang
Keywords: prestasi, belajar, matematika, keliling dan luas lingkaran, TAPPS

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan selama dua siklus hasil seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut ini.Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika, dengan analisis data tingkat minat, perhatian, dan partisipasi siswa sebagai berikut : dari data kegiatan guru dalam proses belajar mengajar pada siklus I mendapat nilai 48 dengan rata-rata 2 dalam katagori (cukup), untuk siklus II mendapat nilai 72 dengan rata-rata 3.4 dengan kategori amat baik. Dari analisis data siklus I diperoleh hasil sebanyak 10 siswa (40 %) memiliki minat baik, 12 siswa (48%) memiliki minat cukup dan 3 siswa (12%) memiliki minat kurang. siklus II diperoleh hasil sebanyak 16 siswa (64%) memiliki minat baik, 9 (36%) siswa memiliki minat cukup dan tidak ada siswa yang memiliki minat kurang. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Dari analisis data siklus I diperoleh hasil sebanyak 10 siswa (40%) memiliki perhatian baik, 12 siswa (48%) memiliki perhatian cukup, 3 siswa (12%) memiliki perhatian kurang. Siklus II diperoleh hasil sebanyak 15 siswa (60%) memiliki perhatian baik, 10 siswa (40%) memiliki perhatian cukup, dan tidak ada siswa yang memiliki perhatian kurang. Dari hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa kegiatan pembelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan analisis data siklus I diperol hasil sebanyak 10 siswa (40%) memiliki partisipasi baik, 12 siswa(48%) memiliki partisipasi cukup, dan 3 siswa (12%) memiliki partisipasi kurang. Siklus II diperoleh hasil sebanyak 14 siswa (56%) memiliki partisipasi baik, 11 anak (44%) memiliki partisipasi cukup dan tidak ada siswa yang memiliki partisipasi kurang..Dari hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa kegiatan pembelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan partispasi siswa terhadap pembelajaran.Model Pembelajaran TAPPS memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68%), Siklus dan Siklus II (92%).

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan MotIIasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Suharta, I.G.P. 2002. Pemecahan Masalah, Penalaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Agama Islam, UnIIersitas Negeri Malang, Malang, 12 Oktober.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Malang: Program Sarjana UnIIersitas Negeri Malang.

Published
2021-10-22
How to Cite
Badriatunikmah, N. (2021). Peningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Tabung Melalui Model Pembelajaran TAPPS Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dawuhan Wetan 04 Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(2), 34-42. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1064

Article metrics

Abstract views : 3