Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi PQ4R Pada Materi Interaksi Sosial Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 1 Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Indra Gunawan SMP Negeri 1 Purwoasri Kabupaten Kediri
Keywords: discovery learning, strategi PQ4R, hasil belajar, interaksi sosial

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwoasri. Diketahui masih banyak  siswa kurang percaya diri, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh guru. Begitu pula sebaliknya siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan pertanyaan yang akan diajukan kepada guru. Hal ini dikarenakan pemilihan metode yang kurang tepat didalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna dan siswa sulit menguasai konsep secara matang khususnya materi interaksi sebagai proses sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  keterlaksanaan  model pembelajaran discovery learning dengan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review  (PQ4R) pada materi interaksi sebagai proses sosial, hasil belajar dan respon siswa. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan  eksperimen semu, yang dilaksanakan untuk mengetahui dampak dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek penelitian tanpa adanya kelas pembanding (kontrol), dengan menggunakan satu kelas sebagai sasaran penelitian yaitu kelas VII E yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning denganstrategi PQ4R pada materi interaksi sebagai proses sosial  dapat terlaksana secara keseluruhan dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa meningkat ketuntasan klasikal dari 78 % menjadi 97 %.

References

Akhmad,Ismet.2013. Pengaruh metode pembelajaran (savi dan discovery) dan gaya belajar (audiotory learning dan visual learning) terhadap hasil belajar. Jurnal tidak dipublikasikan. UNESA.

Ira,Mardiyana,Sutrima.2012.Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery Dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal tidak dipublikasikan.UNS Surakarta.

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2010.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

Sudarman.2009.Peningkatan Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa melalui strategi PQ4R. Jurnal tidak dipublikasikan. Universitas Mulawarman.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Bandung, 2010.

Suryanto dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, 2011.

Published
2021-10-22
How to Cite
Gunawan, I. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi PQ4R Pada Materi Interaksi Sosial Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 1 Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 1(2), 27-33. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPPM/article/view/1063

Article metrics

Abstract views : 9