Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Pembelajaran Actual Learning Pada Siswa Kelas IX-2 Semester Genap Di SMP Negeri 1 Bangsal, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Nico Rochmadi, S.Pd. SMP Negeri 1 Bangsal, Kabupaten Mojokerto
Keywords: prestasi belajar, strategi pembelajaran actual learning

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah apakah dengan strategi pembelajaran Actual Learning (Pembelajaran secara nyata/aktual) dapat mengoptimalkan hasil prestasi belajar siswa siswa Kelas IX-2 Semester Genap di SMP Negeri 1 bangsal, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam? Hasil penelitian menunjkkan bahwa dengan metode pembelajaran dengan metode Actual Learning (Pembelajaran secara nyata/actual) ternyata pada Siklus 1 rata-rata hasil prestasi belajar siswa didapatkan sebesar 57,21 (57%). Masih dibawah tingkat ketuntasan belajar (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75 (75%). Pada siklus 2 rata-rata hasil prestasi belajar siswa didapatkan sebesar 73,94 (74%). Pada siklus 3 rata-rata hasil prestasi belajar siswa didapatkan sebesar 79,50 (80%). Hasil ini berada di atas KKM, maka penelitian ini dinyatakan telah berhasil dan telah tuntas. Kesimpulannya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Actual Learning (Pembelajaran secara nyata/aktual) dapat mengoptimalkan hasil prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester Genap di SMP Negeri 1 bangsal, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

References

Abdurrahman, M. & Bintoro, T. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Mengengah Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik. O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Siste. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Miles, M.N. & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moesono, D & Sujono. 1993. Ilmu Pengetahuan Alam 5, Mari Berhitung. Petunjuk Guru Sekolah Menengah Pertama Kelas 5. Jakarta : Departemen P dan K.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito.

Nuhardi, & Senduk, G.A. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas SIswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS-Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vo. 3 No. 9, 10.

Winkel, 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Atas. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2021-01-09
How to Cite
Rochmadi, S.Pd., N. (2021). Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Pembelajaran Actual Learning Pada Siswa Kelas IX-2 Semester Genap Di SMP Negeri 1 Bangsal, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(1), 26-32. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/780

Article metrics

Abstract views : 18