Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Melalui Metode Problem Based Learning Dengan Materi Negara-Negara Di Asia Tenggara Pada Siswa Kelas IX-B Semester Genap Di Smp Negeri 6 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Drs. Tri Joko Dhuto SMP Negeri 6 Kota Probolinggo
Keywords: Prestasi Belajar, Metode Problem Based Learning

Abstract

Data yang diperoleh pada siklus I, bahwa dari 32 siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Melalui menggunakan metode konvensional (ceramah) dan kemudian dievaluasi, ternyata diperoleh hasil jumlah siswa yang mendapatkan nilai melalui kategori baik adalah 5 siswa melalui prosentase 14,29%. Dilihat dari hasil belajar tersebut belum memenuhi criteria yang diharapkan. Hal ini mencerminkan keadaan yang sesungguhnya kemajuan belajar dari siswa secara alamiah (tanpa ada tindakna kelas). Berdasaran pengamatan pada siklu ini suasana kelas belum kondusif, siswa masih kurang aktif, gairah bertanya kurang serta belum ada usaha untuk mendapatkan informasi melalui menulis atau bertanya kepada teman atau guru. pada siklus 2 menunjukkan bahwa setelah diadakan perubahan metode pembelajaran Melalui Metode Problem Based Learning ternyata ada peningkatan. Dan pada siklus 3 tampak dari 32 siswa setelah diberikan ulangan harian terdapat kenaikan prestasi belajar siswa. kenyataan ini setelah dianalisis bahwa siswa semakin giat belajar di rumah dan juga berusaha untuk terus mengikuti pelajaran melalui sebaik-baiknya dikelas. Siswa yang telah merasa memiliki kenaikan nilai dari minggu sebelumnya terus berpacu meningkatkan daya serapnya. Dari siklus 3 ini nampak sekali pengaruh positif dari adanya Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) pendekatan pengembangan motivasi peserta didik terhadap kenaikan prestasi belajar siswa. pada siklus ini merupakan kegiatan ulangan harian melalui materi mulai siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan. Berdasarkan kenyataan ini penueliti memiliki bukti kuat bahwa ada pengaruh positif dari pelaksanaan Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) pendekatan pengembangan motivasi peserta didik terhadap eknaikan prestasi belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal pada Siswa Kelas IX-B Semester Genap Di SMP Negeri 6 Kota Probolinggo Untuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Melalui kata lain pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) pendekatan pengembangan motivasi peserta didik sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. sehingga dalam kegiatan penelitian dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

References

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Miles, M. B. & Hubermen, A.M/ 1984. Analisis Data Qualitatif, Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, L.J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moesono, D & Sujono. 1993. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 5, Mari Berhitung, Petunjuk Guru Sekolah Menegah Atas Kelas 5. Jakarta : Departemen P dan K.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito.

Nurhadi & Sinduk, G. A. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Zuriah, N. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : Bayu Media Publishing.

Published
2020-04-30
How to Cite
Dhuto, D. T. (2020). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Melalui Metode Problem Based Learning Dengan Materi Negara-Negara Di Asia Tenggara Pada Siswa Kelas IX-B Semester Genap Di Smp Negeri 6 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 1(1), 62-69. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/482

Article metrics

Abstract views : 2