Mengapresiasikan Hasil Prestasi Belajar Melalui Discovery Learning (Pembelajaran Yang Mengembangkan Hasil Penemuan Peserta Didik ) Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Pada Kelas IX-2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.

  • Tumarno, S.Pd. SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan
Keywords: Prestasi belajar, strategi pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus 1, bahwa dari 28 siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dengan menggunakan metode konvensional (ceramah)dan kemudian dievaluasi, ternyata diperoleh hasil jumlah siswa yang mendapatkan nilai dengan katagori baik adalah 6 siswa dengan prosentase 12,5%. Dilihat dari hasil belajar tersebut belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Hal ini mencerminkan keadaaan yang sesungguhnya kemajuan belajar siswa secara alamiah (tanpa ada tindakan kelas). Berdasarkan pengamatan pada siklus ini suasana kelas belum kondusif, siswa masih kurang aktif, gairah bertanya kurang serta belum ada usaha untuk mendapatkan informasidengan menulis atau bertanya kepada teman atau guru. Pada siklus 3 tampak dari 28 siswa, setelah diberikan ulangan harian terdapat kenaikan prestasi belajar siswa. Kenyataan ini setelah di analisis bahwa siswa semakin giat belajar di rumah dan juga berusaha untuk terus mengikuti pelajaran dengan sebaik-baiknya di kelas. Pada siklus 4 didapatkanĀ  hasilĀ  belajar secara rata rata menunjukkan 86,07. Hal ini menunjukkan peningkatan sesuai yang diharapkan sehingga dapat didistribusikan frekuensi hasil belajar siswa Kelas IX-2 Semester Ganjil di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020 pada siklus 4 sebagai berikut : dari data diatas siswa yang memiliki nilai 90 sebanyak 13 anak (46,43%), yang memiliki nilai 85 sebanyak 8 anak (28,57%) dan yang memperoleh nilai 80 sebanyak 7 anak (25%). Sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan siswa yang memperoleh nilai diatas SKBM sebesar 65 sebanyak 28 anak (100%). Maka dalam penelitian ini dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

References

Abdurrahman, M. & Bintoro, T. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar : Pedoman Guru. Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Miles, M. B. & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, L. J. 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Moesono, D & Sujono. 1993. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu 5, Mari Berhitung, Petunjuk Guru Sekolah Menengah Pertama Kelas 5. Jakarta: Departemen P & K.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Penerbit Tarsito.

Nurhadi, & Senduk, G. A. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktifitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9, 10.

Winkel, 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Atas. Malang : Bayu Media Publishing.

Published
2020-04-30
How to Cite
S.Pd., T. (2020). Mengapresiasikan Hasil Prestasi Belajar Melalui Discovery Learning (Pembelajaran Yang Mengembangkan Hasil Penemuan Peserta Didik ) Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Pada Kelas IX-2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 1(1), 1-8. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/474

Article metrics

Abstract views : 7