Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas V semester II tahun Pelajaran 2021/2022 Di SDN Nailan Kecamatan Slahung

  • Hartini Hartini SDN Nailan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo
Keywords: hasil belajar matematika, media gambar, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Nailan melalui media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SDN Nailan sebanyak 9 siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas V melalui media gambar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian (essay) yang dilakukan tiap akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan persentase siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berupa gambar dalam pembelajaran matematika dengan cara guru menempelkan gambar di papan tulis kemudian siswa mendiskusikannya, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Nailan Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 55,56% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 33,33% dari pra Tindakan pada aspek pengetahuan dan persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 44,44% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 22,22% dari pra Tindakan pada aspek keterampilan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 100% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 44,44% dari siklus I pada aspek pengetahuan dan 88,89% atau meningkat 44,44% pada aspek keterampilan pada penelitian Siklus II, dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas V SDN Nailan Kabupaten Ponorogo secara klasikal adalah 80%. Adapun pencapaian nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan dari kondisi awal sejumlah 62,78 pada aspek pengetahuan, 59,26 pada aspek keterampilan dan 61,02 pada nilai rata-rata pada kedua aspek pengetahuan dan keterampilan, pada penelitian Siklus I meningkat menjadi 70,33 pada aspek pengetahuan, 73,33 pada aspek keterampilan dan 71,83 pada nilai rata-rata pada kedua aspek pengetahuan dan keterampilan dan pada Siklus II meningkat lebih baik menjadi 82,78 pada aspek pengetahuan, 82,22 pada aspek keterampilan dan 82,50 pada nilai rata-rata pada kedua aspek pengetahuan dan keterampilan. Pencapaian predikat pada aspek keterampilan juga meningkat dari kondisi awal hanya 18,52% yang mencapai predikat baik dan sangat baik, meningkat pada Siklus I menjadi 48,15% mencapai predikat baik dan sangat baik. Pada Siklus II meningkat dengan lebih baik menjadi 81,48% mencapai predikat baik dan sangat baik.

References

Arief S. Sadiman dkk. (1996). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asri Budiningsih, C. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lexy J. Moleong. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudjiono & Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosjidan, H. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Departemen pendidikan Nasional Unversitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Burhan Mustaqim dan Ary Astuty. (2008). Ayo Belajar Matematika. PusatPerbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Johar Permana dan Mulyani Sumantri. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hobri, Susanto, dkk. (2022), Senang Belajar Matematika : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2022.

Hobri, Susanto, dkk. (2022), Senang Belajar Matematika : buku siswa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2022.

Published
2023-04-07
How to Cite
Hartini, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas V semester II tahun Pelajaran 2021/2022 Di SDN Nailan Kecamatan Slahung. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(3), 55-62. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1519

Article metrics

Abstract views : 45