Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Mengembangkan Kosa Kata Pada Siswa Kelompok A TK Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Marsiyah Marsiyah TK Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun
Keywords: kosa kata, pop up book

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kosakata anak khususnya kelompok A di TK Desa Sewulan  dengan media pop-up book. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah penggunaan media pop-up book pada kelompok A mampu mengembangkan kosakata anak di TK Desa Sewulan  tahun pelajaran 2018/2019 ? Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak usia 4-5 tahun pada kelompok A yang berjumlah 16 anak di TK Desa Sewulan . Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan penugasan yang berupa lembar kerja anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kosakata anak dengan media pop-up book pada kelompok A di TK Desa Sewulan  tahun pelajaran 2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal persentase hasi belajar pada pra siklus sebesar 29%, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 59% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 94%. Perkembangan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 35%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan media pop-up book yang digunakan dalam proses pembelajaran telah memberikan hasil yang sesuai dengan harapan dan telah memenuhi indikator keberhasilan kelas yaitu 85%. Pembelajaran menggunakan media pop-up book yang disampaikan secara sistematis dan menarik sesuai dengan materi, sehingga siswa kelompok A mampu mengembangkan beberapa kosakata menjadi kalimat sederhana yang akan menambah perkembangan bahasa siswa menjadi lebih optimal serta menjadi bekal siswa agar mampu berbahasa dengan cara berinteraksi dengan orang lain sebagai pengguna bahasa.

References

Bluemel&Taylor. 2012. Pop-up books A Guide For Teachers Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.

Dhieni, Nurbiana. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hendriyanto, Agoes. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Bahasa. Surakarta: PT Cakrawala Media.

Khotijah. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini: Jurnal Elementary, Vol. 02, Edisi. 2, hlm 1-8. Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.

Marliani, Rosleny. 2015. Psikologi Perkem-bangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Novan, Ardi Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Gava Media.

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Grup.

Puspita Widya A, Yusuf Farida, Nugraha Ali, Suminah, Enah. 2015. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidi-kan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmawati, Komalasari Dewi. 2014. Pengaruh Media Pop-up book Terhadap Penggua-saan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Surabaya: Jurnal Universitas Negeri Surabaya,Vol.3,No.1.

Risma, Devi. Chairilsyah, Nauli. 2016. Pengaruh Penggunaan Pop-up book Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Melati Kabupaten Siak. Riau: Artikel Universitas Negeri Riau.

Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Tsmart.

Saputra, Heidi. 2014. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Karisma.

Published
2022-06-04
How to Cite
Marsiyah, M. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Mengembangkan Kosa Kata Pada Siswa Kelompok A TK Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 47-51. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1332

Article metrics

Abstract views : 13