Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMPN 8 Madiun Tahun Ajaran 2019/2020

  • Indah Sri Wahyuni SMP Negeri 8 Madiun
Keywords: motivasi belajar, bimbingan kelompok

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 8 Madiun yang menunjukkan terdapat siswa yang tingkat motivasi belajarnya rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa inidapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaranmotivasi belajar siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok, dan untuk mengetahui apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas IX  SMP Negeri 8 Madiun  yang terdiri atas 8 siswa bermotivasi belajar rendah dan 2 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, skala motivasi belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok, sebesar 44,4% kategori rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang sebesar 65%. Sedangkan pada siklus IImotivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 74%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa Kelas IX  diSMP Negeri 1 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasebelum diberikan layanan bimbingan kelompok motivasi belajar siswa sebesar 44,4% kategori rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklusI motivasi belajar siswa sebesar 65% kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 74%. Sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah diadakan layanan bimbingan kelompok. Saranyang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Aidha, Harners. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX D SMPN 1 Ngariboyo (jurnal pendidikan. http://www.scribd.com/doc/156105541#download (diunduh 05/06/14).

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang : Unnes Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks PermataPuri Media.

Mahmud, Hasan. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Audio visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPMuhammadiyah 1 Kudus. Tesis : UNNES.

Setyaningtyas, Hidayah Ratna. 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas IX F melalui Konseling Rasional Etimotif di MTs Negeri LasemTahun Pelajaran 2011/2012. PTK : UNNES.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UnnesPress.

Winkel, W.S dan MM. Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi.

Published
2022-06-04
How to Cite
Wahyuni, I. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMPN 8 Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 33-39. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1330

Article metrics

Abstract views : 22