Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Di Era Covid-19 Melalui Kegiatan Praktikum Sains Pada Siswa Kelompok B Semester I TK Nur As Salam Kota Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Mudji Astuti, S.Pd.AUD TK Nur As Salam Kota Madiun
Keywords: motorikhalus, praktikum sains

Abstract

Pada pembelajaran di sekolah salah satu kompetensi dasar yang bersinggungan tentang perkembanganya itu menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorikhalus. Pada kenyataan lapangan di temukan bahwa masih ada beberapa siswa yang memiliki perkembangan motorik yang kurang maksimal. Selain itu peran serta orang tua dalam membimbing anak ketika pembelajaran jarak jauh juga kurang maksimal. Pemahaman media komunikasi yang terus berkembang masih menjadi salah satu kendala orang tua, siswa dan guru dalam berkomunikasi secara daring. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang didasarkan pada permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa TK Nur As salam Kota Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Objek penelitian sebanyak 15 anak berusia 5-6 tahun. Metode pengambilan data menggunakan lembar observasi, dokumen dan penilaian teman sejawat. Hasil kegiatan pada siklus I  menunjukkan terdapat 6(40%) siswa yang memiliki nilai prosentase dibawah standar capaian yang diinginkan. Kriteria yang ingin dicapai dalam keberhasilan peningkatan motorik halusanak yaitu apabila nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) mencapai 75% dari jumlah siswa sebanyak 15. Pada siklus II menunjukkan 0 anak masuk dalam kriteria MB (Mulai Berkembang), 10 anak masuk dalam kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) atau 67 % dan yang mendapat nilai BSB (Berkembang Sangat Baik) 5 anak(33%).Nilai rata-rata pada Siklus II sudah memenuhi standar keberhasilan yang ditargetkan. Dengan kata lain pembelajaran motorik halus melalui kegiatan praktikum sains meningkat.

References

Astuti, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Finger Painting Pada Siswa Kelompok B2 TK Nur As Salam Kota Madiun. Dokumen pribadi.

Kemdikbudnomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19)

Mutiah, D. (2010), Psikologi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group)

Pamadhi, H. dan S.S., Evan. (2010). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Putra Rizema Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Difa Press.

Richard Decaprio. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal UmmulQuro, 6(2), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/53.

Sukardi.(2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Published
2021-10-23
How to Cite
Astuti, S.Pd.AUD, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Di Era Covid-19 Melalui Kegiatan Praktikum Sains Pada Siswa Kelompok B Semester I TK Nur As Salam Kota Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(3), 65-70. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1099

Article metrics

Abstract views : 9