Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Direct And Indirect Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI TKR-1 Semester II SMKN 3 Boyolangu Tahun Pelajaran 2020 / 2021

  • Hanggar Susilawati, S.Pd SMKN 3 Boyolangu Tulungagung
Keywords: pembelajaran kontekstual, direct and indirect, meningkatkan bahasa inggris

Abstract

Model pembelajaran kontekstual sangat cocok diterapkan di era pendidikan sekarang yang lebih mengarah pada kontekstual, bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran kontekstual ini diberikan dalam materi Direct and indirect bagi siswa kelas XI TKR-1 semester 2 SMKN 3 Boyolangu karena mampu mengaitkan pengajaran pada konteks yang berbeda-beda. Secara teknis pembelajaran kontekstual menyadari kebutuhan pengajaran dan pembelajaran yang terjadi dalam berbagai konteks seperti rumah, sekolah, dan masyarakat. Berdasarkan kelebihan yang telah dipaparkan, pembelajaran kontekstual pada materi Direct and indirect akan mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas XI TKR-1 semester 2 SMKN 3 Boyolangu. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa skor rata-rata aktifitas siswa pada siklus I masih rendah (1.69 s/d 2.20). belum ada kelompok yang mencapai skor 3. Sedangkan pada siklus II aktifitas siswa telah meningkat, dimana ada 6 kelompok yang mencapai skor aktifitas 3.00. Hanya 2 kelompok yang mencapai skor 2.90 pada aspek ketelitian dan presentasi. Jadi pada siklus II aktifitas siswa telah mencapai keaktifan dengan derajat yang tinggi (lebih dari 75 % yang mencapai skor tertinggi 3.00). Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi expressions yang diterapkan pada siswa kelas XI TKR-1 semester 2 SMKN 3 Boyolangu sangat berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa. Minat serta efektifitas peran serta siswa meningkat pada saat proses pembelajaran Bahasa Inggris berlangsung.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah dibidang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Petunjuk khusus penyusunan silabus Bahasa Inggris. Dirjen Dikdasmen, Depdiknas: Jakarta.

Johnson, EB. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Prees.

John M. Ecnols, Hassan Shadily. 1995. An English Indonesian Dictionary, Ithaca: New York dan Jakarta: Indonesia.

Josephine S. M, Widya Kiswara dkk. 2004. English On Sky - Book 1. Jakarta: Erlangga.

Kemmis, S dan Mc Tagart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Nurhadi dan Senduk, AG. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UMPRES).

Published
2021-10-23
How to Cite
Susilawati, S.Pd, H. (2021). Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Direct And Indirect Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI TKR-1 Semester II SMKN 3 Boyolangu Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(3), 54-57. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1097

Article metrics

Abstract views : 9