Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMKN 3 Boyolangu Tahun Pembelajaran 2020/2021

  • Farista Ulfah Kartikasari, S.Pd. SMKN 3 Boyolangu Tulungagung
Keywords: pembelajaran daring, aplikasi online, pandemi covid-19

Abstract

Virus Corona melanda seluruh negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Sehingga pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara langsung dan bertatap muka di dalam kelas dialihkan menjadi pembelajaran secara online atau daring. Hal ini juga sesuai dengan permendikbud yang ditetapkan oleh menteri pendidikan Indonesia bahwa untuk menghambat penyebaran virus Corona pembelajaran dialihkan menjadi belajar online atau daring dirumah masing-masing. Di SMKN 3 Boyolangu juga menerapkan metode pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi online seperti Zoom, Whatsapp Group, Google Form, dan Voice Note pada mata pelajaran, aplikasi Whatsapp dirasa paling cocok untuk menerapkan pembelajaran daring di SMKN 3 Boyolangu aplikasi tersebut merupakan yang paling banyak digunakan oleh guru karena aplikasi ini sudah familiar digunakan oleh siswa maupun guru sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Penelitian ini dilakukan dengan survei melalui wawancara online menggunakan Google Form kepada seluruh guru di SMKN 3 Boyolangu SMKN 3 Boyolangu. Hasil data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran daring merupakan satu-satunya metode yang dapat diterapkan pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, guru dapat mengevaluasi siswa melalui penugasan untuk mengetahui sampai mana tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi yang disampaikan secara online, tetapi sebagian guru juga menilai bahwa pembelajaran daring dirasa kurang efektif karena adanya kendala pada kekuatan sinyal dan fasilitas yang dimiliki oleh siswa berupa gadget atau laptop pribadi, kebiasaan siswa dalam melalkukan belajar daring, hingga pada absensi siswa. Pemanfaatan aplikasi online juga disesuaikan dengan materi apa yang akan disampaikan.

References

Amry, A. B. (2014). The impact of Whatsapp mobile social learning on the achievement and attitudes of female students compared with face to face learning in the classroom.

Bower, M., Dalgarno, B., Kennedy, G. E., Lee, M. J., & Kenney, J. 2015. Design and implementation factors in blended synchronous learning environments: Outcomes from a cross-case analysis. Computers & Education, 8(6).

Davies, J., & Graff, M. (2005). Performance in eā€learning: online participation and student grades. British Journal of Educational Technology, 36(4).

Dindin Jamaluddin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, Epa Paujiah, 2020, Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi, Digital Journal of Library.

Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F, 2020, Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2).

Hamdan Husein Batubara, 2016, Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Muhammad Rizal Fauzi, 2014, Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia), dikutip dari repository.upi.edu.

Wahyu Aji Fatma Dewi, 2020, Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1).

Published
2021-10-23
How to Cite
Kartikasari, S.Pd., F. (2021). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMKN 3 Boyolangu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(3), 43-49. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1095

Article metrics

Abstract views : 6