Dengan memanjat puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa, Jurnal Merdeka Mengajar (JMM) kami hadirkan untuk edisi perdana, Volume 1 nomor 1, Mei – Agustus 2020. Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh APKS (Asosisasi Profesi dan Keahlian Sejenis) PGRI Kota Madiun untuk mempublikasikan karya ilmiah dibidang pendidikan dan pembelajaran demi terwujudnya pendidikan yang maju yang mampu menjawab tuntutan dan perkembangan jaman.

Edisi ini mencerminkan semangat para pendidik dan pengawas satuan pendidikan yang begitu besar untuk mempublikasikan karya ilmiahnya agar dapat menjadi referensi bagi pendidik lainnya. Hal ini ditandai dengan banyaknya artikel yang masuk di meja redaksi, baik melaui email atau lewat tatap muka. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada semua penulis atas artikelnya yang diterbitkan di Jurnal ini, dan semua pihak yang telah berperan sehingga jurnal ini bisa hadir di hadapan kita semua.

Pada edisi kali ini berbagai karya ilmiah tentang usaha-usaha pengembangan pendidikan telah disajikan. Artilkel-artikel itu berasal dari berbagai jenjang baik dari guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama (SMP), guru Sekolah Dasar (SD), bahkan dari pengawas.

Redaksi berharap, dengan bervariasinya asal jenjang sekolah dan penulis artikel ini akan membuat materi yang disampaikan semakin bervariasi. Hal ini akan membantu pembaca dalam menambah wawasan yang lebih luas. Dengan demikian pembaca bisa  memahami dunia pendidikan dan usaha-usaha pengembangannya secara lebih komprensif. Selain itu artikel-artikel tersebut akan dapat menyajikan bahan-bahan referensi yang lebih beraneka macam sehingga pembaca mampu meningkatkan keprofesionalnannya dalam melaksanakan tugas. 

Redaksi juga berharap jurnal ini akan semakin baik dari waktu ke waktu. Untuk itu sumbang saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan. Dan yang lebih penting lagi adalah artikel-artikel dari berbagai pihak yang terkait pendidikan selalu kami tunggu.

Kami persembahkan jurnal ini untuk pengembangan rekan-rekan pendidik demi kemajuan pendidikan pada umumnya. Karya-karya Anda kami tunggu. Semangat berjuang untuk menjadi guru professional demi kemajuan dunia pendidikan yang kita cintai

Published: 2020-08-20

Articles