Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Penerapan Project Based Learning Di SD Negeri Inpres Kayobunga Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Mutia Sabbok, S.Pd. SD Negeri Inpres Kayobunga Kabupaten Banggai Kepulauan
Keywords: Kontekstual, Project Based Learning, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa Saat ini penting kiranya siswa mulai diberikan keluasan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman atas informasi yang diperoleh dari penemuan-penemuan atau eksperimen-eksperimen yang mereka buat. Dan tentunya akan menambah daya kreatifitas siswa di kelas. Karena itu perlu adanya suatu formulasi yang membawa siswa pada tingkat kreatifitas yang lebih. dengan waktu yang cukup, sesuai dengan waktu yang di gunakan untuk satu konsep bahasan, demi tercapainya kurikulum yang sudah ditetapkan di sekolah juga penggunaan media dan model yang tidak terlalu sulit dapat mempermudah siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model project based learning, yang selanjutnya disebut pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk Menerapan model Project Based Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Inpres Kayobunga Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di SD Negeri Inpres Kayobunga kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Iman kepada malaikat di kelas IV yang meliputi kegiatan guru dan siswa serta hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Waktu penelitian digunakan dalam penelitian ini pada bulan Agustus sampai Oktober 2018, semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian tentang perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Iman kepada malaikat yang terdiri dari 3 siklus, serta melakukan pengamatan pada kegiatan tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Iman kepada malaikat dengan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Inpres Kayobunga.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Dalam Arikunto, Suharsimi dkk. (Eds). Penelitian Tindakan Kelas (hlm. 1-41). Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasinya). Yogyakarta: Familia.

Miswanto. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Dalam Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan. Tulungagung: STAIN Tulungagung.

Suhardjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Dalam Arikunto, Suharsimi dkk. (Eds). Penelitian Tindakan Kelas (hlm. 43-98). Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Dalam Arikunto, Suharsimi dkk. (Eds). Penelitian Tindakan Kelas (hlm.99-148). Jakarta: Bumi Aksara.

UM. 2003. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wikipedia.13 Desember 2008. Constructivism (Learning Theory). Wikipedia, The Free Encyclopedia.(Online). (http://en.wikipedia.org/wiki/Constructivism_ (learning_theory)). Diakses tanggal 11 Agustus 2018).

Wikipedia.16 Desember 2008. Theory of Cognitive Development. Wikipedia, The Free Encyclopedia.(Online). (http://en.wikipedia.org/wiki/Theory_ of_ cognitive_development. Diakses tanggal 15 Agustus 2018).

Published
2021-01-09
How to Cite
Sabbok, S.Pd., M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Penerapan Project Based Learning Di SD Negeri Inpres Kayobunga Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 2(1), 55-61. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/773

Article metrics

Abstract views : 65