Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Workshop Di SDN Wonogriyo 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Semester II Tahun Pelajaran 2017/ 2018

  • Saneto, S.Pd. SDN Wonogriyo 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan kinerja guru melalui workshop di SDN Wonogriyo 01. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan.. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 80 % guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti workshop dan hasil pelaksanaan workshop. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan Kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran  di SDN Wonogriyo 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang pada Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Badudu, J.S. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Dirjen PMPTK,2009.BBM Kepala Sekolah Penelitian Tindakan Sekolah.Depdiknas.

Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Purwanto, M Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rasyid, Mahmunar. 2005. Strategi Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Team Games Tournament dengan Sistem Porlimawih. Jakarta: Depdiknas.

Suhardjono.2009. tanya Jawab tentang PTK dan PTS, Naskah Buku.

Permendiknas No 41.2007. Standar Proses.Depdiknas

Published
2021-01-08

Article metrics

Abstract views : 11