Implementasi Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahan Melalui Projek Perusahaan Siswa Di SMKN 3 Buduran Sidoarjo

  • Wiranti Pudjiastuti SMKN 3 Buduran, Sidoarjo
Keywords: pengalaman riil dalam berwirausaha, mengoptimalkan media social secara kreatif

Abstract

Dengan perubahan dalam paradigma pembelajaran , orientasi pembelajaran mengalami perubahan yaitu lebih banyak berorientasi pada siswa. Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan di SMK harus menjadi alternative dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, meningkatkan ketrampilandalam berwirausaha, sehingga setelah lulus mereka diharapkan siap kerja dan siap berwirausaha mandiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan program Perusahaan Siswa selama 4 periode dapat diketahui bahwa dengan memberikan pengalaman riil pada siswa yaitu menjalankan aktivitas perusahaan dapat diketahui bahwa kemampuan siswa untuk menjalankan kepemimpinan dalam bisnis dapat dilakukan dengan baik, terbukti aktivitas produksi, marketing, Human Resources Development , Publik Relation serta finance dapat dilaksanakan . Hasil dari pengembalian saham kepada investor memiliki nilai yang berbeda, faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah harga produk yang dibuat oleh masing Perusahaan Siswa. NEO mampu mengembalikan saham dengan kenaikan nilai saham sebesar 447,67%, dengan nominal dari Rp 20.000 menjadi Rp109,000. SAN-G dengan kenailan nilai saham sebesar 254% dengan nominal saham dari Rp 20.000 menjadi Rp 70.540, Oryza dengan kenaikan nilai saham sebesar 156,87% dengan nominal saham dari Rp 20.000 menjadi Rp 51.373 sedangkan Syailendra mencapai kenaikan nilai saham sebesar 68% dengan nilai nominal saham menjadi Rp 33.500. Faktor Pandemi mempengaruhi jalannya perusahaan, terutama diawal dilakukannya PPKM. Strategi promosi dengan mengoptimalkan media sosial secara kreatif terbukti bisa menjadi jalan keluar dari permasalahan yang di hadapi. Kegiatan HRD, PR bisa dilakukan dengan cara daring,yaitu peningkatan kemampuan public speaking dengan cara live di Instagram perusahaan demikian juga  dengan kegiatan PR bisa melaksanakan kegiatan CSR  dengan memanfaatkan Instagram yang hasilnya bisa disumbangkan kepada lembaga yang peduli kepada permasalahan lingkungan.

References

Alma, Buchari. 2013.Manajemen Pemasarandan PemasaranJasa.Bandung:Alfabeta.

Akbar Henny,2021,Best Practice dengan judul “Proyek PPKM(Pameran Produk Kreatif dan Marketing)Lejitkan Ketrampilan BerwirausahaSiswa SMK Negeri 1 Jepara”. Diunduh.

Aprilianty, Eka. 2012. Pengaruh Kepribadian wirausaha, pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Prestasi Junior Indonesia, Hand Out Student Company. 2018,2019,2020 dan 2021

Suryana.2013.Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Zurina. 2019. Best Practice: Implementasi Program Pendidikan Kewirausahaan Melalui Penerapan Proses Pembelajaran Dalam Mewujudkan KreativitasDan Inovasi Peserta Didik Sma Negeri 2 Pekanbaru Tahun 2017 (VersiElektronik) diunduh tanggal 6 September 2021. DariJurnal; Perspektif Pendidikandan

Keguruan,Vol X, No. 1, April2019. Diunduh

Published
2022-09-20
How to Cite
Pudjiastuti, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahan Melalui Projek Perusahaan Siswa Di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 3(3), 56-60. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/1397

Article metrics

Abstract views : 57