Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kanguru Pada Siswa Kelas V SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sujono Sujono SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun
Keywords: permainan lompat kanguru, hasil belajar, lompat jauh

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun kurang memuaskan bagi guru penjasorkes, hasil yang didapatkan siswa pada tes evaluasi akhir pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekatan bermain lompat kanguru atau mengvariasikan be rbagai macam permainan kedalam pembelajaran. Rumusan masalah peneliti yaitu “Apakan melalui pendekatan permainan lompat kanguru sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Dagangan 02 Tahun Pelajaran 2019/2020?. Lompat jauh melalui pendekatan lompat kanguru “lompat kanguru” merupakan salah satu alternatif pembelajaran lompat jauh di Sekolah Dasar. Namun ke nyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang menggunakan 2 siklus dan 4 pertemuan menunjukan di siklus I nilai rata-rata akhir kelas 72 dengan nilai persentase ketuntasan 75% nilainya masih kurang memuaskan. Maka dilanjutkan di siklus II nialai rata-rata akhir kelas 75 dengan nilai persentase 93,8% nilai yang dihasilakan sesuai dengan yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan dilapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain lompat kanguru pada materi lompat jauh dengan menggunakan media botol aqua dan pralon sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas V SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

References

Achmad munib, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Aip Syarifuddin, dkk. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan.

Bismo Suryatmo, dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas V. Jakarta:PT. Widya Utama.

Buku Panduan penulisan skripsi fakultas ilmu keolahragaan, 2011. Universitas Negeri Semarang.

Catharina tri anni, dkk. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Eko Suwarso, dkk.2010. pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Jakarta: PT.Arya Duta

Juari, dkk. 2010. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta:CV Bina Pustaka.

Purwaningsih, Puji. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Penggunaan Media Botol Plastik Pada Siswa Kelas V SDN Sibebek Kec. Bawang Kab. Batang. Skripsi S-1. Semarang. UNNES.

Sugiyanto dan Sudjarwo. 1991. Perrkembangan dan belajar gerak, modul 1 – 6. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sujadi, Untung. 2018. Penggunaan Media Balok Berjenjang Dalam Pembelajaran Senam Keseimbangan Pada Siswa Kelas III SDN Karangtejo Kec.Jumo Kab. Temanggung. Skripsi S-1. Semarang. UNNES.

Published
2022-09-20
How to Cite
Sujono, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kanguru Pada Siswa Kelas V SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 3(3), 44-50. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/1395

Article metrics

Abstract views : 19